Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy S11 Dibekali Kamera Periskop Bernama "Hubble"?

Kabar ini semakin diperkuat dengan paten yang didaftarkan ke EUIPO (European Union Intellectual Property Office). Teknologi yang dipatenkan diberi nama "Space Zoom" yang secara internal konon disebut sebagai "Hubble".

Dari paten yang dikuak oleh Let's Go Digital, paten teknologi ini terdaftar tanggal 6 November kemarin. Dalam patennya, tertera jelas keterangan "software untuk memperbesar subyek tanpa mengurangi kualitas gambar" alias kemampuan lossless zoom.

Kode nama Hubble yang digunakan mengindikasikan bahwa teknologi ini juga akan mendukung pemotretan astrophotografi atau fotografi benda-benda langit.  Sedikit informasi, Hubble merupakan teleskop antariksa pertama di dunia yang mengorbit tahun 1990.

Teleskop Hubble menjadi tonggak penting pengambilan gambar di antariksa. Jepretan kamera Hubble menghasilkan foto-foto yang banyak dipublikasi di buku-buku tentang antariksa.

Segala macam obyek antariksa mulai dari obyek sedekat bulan ke galaksi paling terpencil hingga foto-foto supernova dan nebula berhasil ditangkap. Mungkin saja, Samsung terinspirasi dari kemampuan Hubble.

Kembali ke astrografi, fitur ini mulai ditawarkan beberapa vendor smartphone belakangan. Seperti Huawei P30 Pro yang mengklaim kemampuan periskopnya bisa memotret bulan dengan apik, terlepas kontroversi software yang sempat ramai.

Baru-baru ini, Google Pixel 4 juga menawarkan fitur serupa. Selain Space Zoom, kamera Galaxy S11 kabarnya masih akan mengangkut fitur-fitur yang sudah melekat di Galaxy Note 10.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (10/11/2019), salah satu pemasok Samsung mengatakan telah membangun pabrik khusus untuk membuat sensor ToF (time of flight).

Sensor ini sudah ada sebelumnya di Galaxy Note 10 Plus. Kemungkinan, kemampuan ToF akan ditingkatkan dan akan menyebar ke smartphone menengah Samsung.

Belum banyak spesifikasi maupun keterangan lebih lanjut tentang teknologi Space Zoom yang disebut akan disematkan ke Galaxy S11. Rumor ini baru akan terjawab kebenarannya pada awal tahun mendatang saat Galaxy S11 resmi diluncurkan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/10/11110047/samsung-galaxy-s11-dibekali-kamera-periskop-bernama-hubble-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke