Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sehari Meluncur, Disney Plus Gaet 10 Juta Pelanggan

KOMPAS.com - Disney resmi merilis layanan streaming video on-demand (VoD) pesaing Netflix, Disney Plus pada Rabu (13/9/2019) lalu.

Baru sehari meluncur, jumlah subscriber atau pelanggan Disney Plus diklaim telah menembus angka 10 juta. Hal ini bisa dibilang mengejutkan, lantaran sejumlah analis memperkirakan angka tersebut baru bakal bisa dicapai Disney dalam satu tahun pertama.

Angka tersebut juga lebih besar dari Netflix, yang pertama kali diluncurkan (hanya di Amerika Serikat) tercatat hanya menggaet sekitar 7,38 juta pelanggan. 

Kini, pelanggan Netflix sendiri dilaporkan sudah mencapai 158 juta, dan berasal dari berbagai belahan dunia.

Meski demikian, belum diketahui bagaimana sebenarnya komposisi pelanggan Disney Plus dan dari mana saja mereka berasal. Yang pasti, sebagian dari jumlah itu merupakan pelanggan dari operator seluler asal AS, Verizon yang mendapatkan benefit mengakses Disney Plus gratis selama satu tahun.

Nah, pelanggan Disney Plus sendiri bisa berasal dari beragam platform. Diketahui, Disney Plus bisa diakses dari beragam perangkat, mulai dari smartphone, tablet, set-top box, hingga TV dan konsol game.

Terkait smartphone, periset aplikasi Apptopia sendiri melaporkan aplikasi Disney Plus telah diunduh sebanyak 3,2 juta kali di perangkat Android dan iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (14/11/2019).

Untuk rincian jumlah pelanggan sendiri, pihak Disney menegaskan bahwa mereka tak akan mengumbar data tersebut, kecuali dalam momen laporan keuangan yang bakal diumumkan secara per kuartal.

Pelanggan sulit login

Meski mencatat pencapaian yang mengejutkan, peluncuran Disney Plus juga turut diwarnai dengan beragam masalah. Salah satunya adalah banyaknya keluhan pengguna yang menyatakan layanan sulit diakses.

Bahkan, pada Selasa waktu setempat (hari peluncuran Disney Plus) situs Downdetector mencatat ada sekitar 8.000 keluhan yang tertuju kepada layanan VoD milik Disney ini.

Beberapa pengguna melaporkan sulit mengakses (login) layanan tersebut. Ada pula pengguna yang menemukan pesan error ketika hendak menonton film atau serial TV favorit mereka di layanan VoD ini.

Pantauan KompasTekno, Kamis (14/11/2019) pagi, situs Downdetector juga masih mencatat ratusan laporan yang menyatakan Disney Plus sulit diakses.

Keluhan terpusat di kawasan AS dan jumlahnya bervariasi dalam angka ratusan, namun tidak lebih dari 1.000 laporan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/14/14050317/sehari-meluncur-disney-plus-gaet-10-juta-pelanggan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke