Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Android Versi Baru Bikin Boros Baterai

Beberapa pengguna mengeluhkannya di forum online Reddit. Mereka mengaku baterai ponselnya boros baterai setelah memperbarui WhatsApp ke versi paling baru.

Akan tetapi, model smartphone Android yang dikeluhkan adalah model tertentu saja, seperti OnePlus, Google Pixel 3, Pixel 4, Galaxy S9, dan Galaxy S10e.

Salah satu pengguna OnePlus mengaku, baterai ponselnya menjadi boros setelah memperbarui versi WhatsApp untuk mendapatkan fitur keamanan sidik jari. Fitur itu memang baru dirilis beberapa pekan lalu.

Ia lantas mengecek berapa lama penggunaan WhatsApp di ponselnya. Dalam status baterai, tertulis ia telah menggunakan WhatsApp selama 1,5 jam. Padahal ia merasa baru membuka aplikasi layanan pesan instan itu satu menit.

Tidak cuma smartphone flagship. Salah satu pengguna Redmi Note 5 Pro juga mengeluhkan hal yang sama. Daya baterai ponselnya menurun drastis dari 74 persen menjadi 19 persen karena aplikasi WhatsApp yang terbuka di latar belakang.

Banyak yang mengatakan WhatsApp membuat daya baterai mereka terkuras hingga lebih dari 30 persen, meski hanya mengirim satu hingga dua pesan WhatsApp saja. Beberapa pengguna membagikan solusinya.

Ada yang mengatakan, WhatsApp kembali normal setelah mencopot dan menginstal aplikasinya kembali. Ada pula yang mengimbau pengguna lain untuk memasang WhatsApp versi 2.19.325 untuk memperbaiki masalah boros baterai.

Namun, pengguna lain menimpali cara tersebut tidak terlalu maksimal karena lambat laun daya baterai akan boros lagi. Beberapa pengguna lain bahkan memilih untuk melakukan dowgrade ke versi WhatsApp yang lebih lama.

Mereka mencadangkan semua data lebih dulu, lalu mencopot aplikasi WhatsApp versi paling baru untuk digantikan WhatsApp versi 2.19.291 yang diunduh melalui file APK, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Kamis (14/11/2019).

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak WhatsApp. Lantas, bagaimana cara mengecek apakah WhatsApp yang kita gunakan juga menguras daya baterai?

Pengguna bisa langsung pergi ke menu setting, lalu pilih menu "battery usage" (penggunaan baterai). Di sana akan muncul aplikasi apa saja yang baru-baru ini dibuka dan berapa persen konsumsi dayanya.

Apabila Anda merasa tidak terlalu sering membuka WhatsApp namun persentase daya yang tersedot cukup banyak, dan jam aktif penggunaan yang tertera cukup lama, bisa jadi ponsel Anda menjadi salah satu "korban".

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/14/15314097/whatsapp-android-versi-baru-bikin-boros-baterai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke