Salin Artikel

Asisten Digital Cortana Pamit dari Android dan iOS Awal 2020

"Untuk membuat Cortana bermanfaat, kami mengintegrasikan Cortana ke dalam Microsoft 365 dan bagian dari perubahan ini adalah dengan menghentikan dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS," tulis Microsoft.

Cortana untuk Android dan iOS akan di-nonaktifkan di sejumlah negara, termasuk Inggris, Kanada, dan Australia. Belakangan diketahui wilayah Jerman, Meksiko, China, dan Spanyol akan turut terkena dampak.

Kendati demikian masih belum jelas bagaimana dengan nasib Cortana di perangkatAndroid dan iOS yang ada di wilayah lain, seperti Amerika Serika.

Belum dapat dipastikan pula apakah Cortana juga akan turut dimatikan sepenuhnya di Android dan iOS atau tetap dapat digunakan setelah tanggal 31 Januari 2020 mendatang.

Selain itu, Cortana juga akan turut menghilang dari Android Launcher milik Microsoft setelah akhir Januari tahun depan di negara-negara yang tersebut di atas.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (18/11/2019), Microsoft pertama kali memperkenalkan Cortana untuk iOS dan Android pada 2015 lalu untuk menghubungkan PC Windows 10 dengan smartphone.

Sayangnya, meski melakukan sejumlah perombakan, Cortana tetap tidak dapat bersaing dengan asisten digital pesaingnya, seperti Alexa atau Google Assistant.

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/18/10090027/asisten-digital-cortana-pamit-dari-android-dan-ios-awal-2020

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.