Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Assistant Punya Kemampuan Baru, Bisa Bacakan Berita ke Pengguna

KOMPAS.com - Google menyematkan sebuah fitur pada layanan Google Asssistant bernama "Your News Update". Fitur ini memungkinkan sang asisten digital membacakan berita untuk pengguna melalui suara layaknya pembawa berita di TV atau radio.

Pengguna Google Assistant pun bisa mendengar berita sembari beraktivitas atau berolahraga, misalnya.

Agar layanan Google ini bisa dimanfaatkan untuk mendengar berita, pengguna perlu mengaktifkan opsi "News playlist format" di menu pengaturan Google Assistant yang terpampang di tab "News".

Kemudian, Assistant akan menyuguhi serangkaian penerbit yang bekerja sama dengan Google. Ada beberapa situs berita ternama yang bisa dipilih, seperti Reuters, Wired, CNN, hingga The Washington Post.

Untuk menjajalnya, pengguna cukup mengatakan sebuah kalimat untuk memerintah Google.Misalnya, pengguna bsa mengatakan "Hey Google, bacakan berita untukku," atau "Apa berita terbaru hari ini ?" dan sebagainya.

Kemudian, Google Assistant pun lantas bisa langsung membacakan berita dari aneka sumber yang telah dipilih.

Berita yang dibacakan berkisar seputar topik yang memang diminati pengguna dan dipilih oleh Google berdasarkan lokasi tempat tinggal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Jumat (22/11/2019).

Jika pengguna doyan mencari berita olahraga, seperti skor pertandingan bola, misalnya, maka Google akan berusaha membacakan berita lokal dengan topik demikian yang tersedia di sumber terpilih tadi.

Sayangnya, pengguna Google Assistant di Indonesia masih belum bisa menikmati fitur ini lantaran baru hanya tersedia di AS saja. Belum diketahui kapan fitur tersebut menyambangi pengguna kawasan lain.

Namun, beredar spekulasi bahwa fitur ini bakal digelontorkan Google di kawasan lain pada 2020. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/22/12290007/google-assistant-punya-kemampuan-baru-bisa-bacakan-berita-ke-pengguna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke