Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguji Kecepatan Internet 5G Telkomsel di Batam, Berapa Kencang?

Menggunakan ponsel Oppo Reno 5G, uji coba ini dilakukan dengan mengukur kecepatan download/upload melalui aplikasi Speedtest dari Ookla.

Sebagai informasi, ponsel yang Oppo digunakan dalam pengujian ini dibekali chipset Snapdragon 855 yang memiliki modem X50 dan bekerja di frekuensi 3,5 GHz. Pada pengujian ini pun Telkomsel menggelar jaringan 5G pada frekuensi 3,5 GHz. 

Lantas, berapa kecepatan internet 5G yang mampu ditembus Telkomsel?

Pengujian Speedtest yang dilakukan KompasTekno menunjukkan kecepatan download mencapai 887 Mbps, dan upload mencapai 81 Mbps. Sementara angka latensi yang diperoleh juga cukup rendah yakni 11 ms.

Selain melakukan pengujian kecepatan download dan upload, ponsel yang sama juga digunakan untuk uji coba panggilan video (video call). Menggunakan aplikasi Google Duo, video call terlihat lancar, baik dari segi video maupun audionya.

Percobaan panggilan video ini dilakukan dua kali. Pertama antara Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying dengan President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, yang keduanya sama-sama di Batam, dalam rangka uji coba jaringan 5G.

Video call kedua dilakukan antara Dirjen SDPPI, Ismail dengan Managing Director Network Optus, Dennis Wong yang berada di Sydney, Australia. Di Sydney, jaringan 5G memang sudah komersil di beberapa titik.

Video yang ditampilkan beresolusi tinggi, bahkan tidak pecah atau terlihat kotak-kotak saat ditampilkan di layar besar di panggung acara.

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/02/20370037/menguji-kecepatan-internet-5g-telkomsel-di-batam-berapa-kencang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.