Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Inovasi Teknologi yang Membawa Vivo Jadi Kedua Terbesar di Indonesia

Menurut Risky Febrian, analis pasar IDC, spesifikasi dan fitur yang tersemat di smartphone Vivo menjadi salah satu faktor yang mendongkrak pengapalan volume di kuartal ini.

"Terutama didorong oleh Z1 Pro, yang menghadirkan spesifikasi dan fitur yang menarik dengan harga bersaing," jelas Risky saat dihubungi KompasTekno.

Menyematkan spesifikasi dan fitur yang menarik tentu bukan pekerjaan mudah. Vivo pun memiliki strategi khusus untuk, yakni dengan memaksimalkan fungsi tim riset dan pengembangan (R&D).

"Tantangan ke depan, kami bukan hanya ingin menghadirkan inovasi, namun juga terus menjadi pionir teknologi visioner yang relevan bagi konsumen dan industri," jelas Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia.

Keunggulan fitur dengan beragam inovasi yang semakin dimutakhirkan menjadi kunci Vivo untuk bersaing di pasar smartphone Indonesia. Edy mengatakan Indonesia adalah salah satu pasar penting bagi Vivo sebagai perusahaan smartphone dunia.

Sepanjang tahun ini, Vivo telah merilis sepuluh model smartphone yang meliputi seri S, V, dan Y. Total ada 17 varian yang disebar Vivo ke pasar Indonesia.

Lantas, apa saja portofolio inovasi yang telah dirancang Vivo dan teknologi yang disematkan ke deretan smartphone tersebut?

KompasTekno telah merangkum beberapa smartphone unggulan Vivo beserta inovasinya sepanjang 2019 ini.

1. Kamera pop-up 32MP Pertama

Dimulai dari Vivo V15 yang dirillis bulan Maret lalu. Smartphone ini membawa inovasi kamera pop-up 32 megapiksel yang diklaim pertama di dunia.

Tidak hanya di dunia, inovasi kamera di Vivo V15 ini pun menjadi yang pertama hadir di Indonesia.

Melalui Vivo V15, Vivo menjadi salah satu pioner tren pop-up kamera yang saat ini mulai menjamur. Seri ini juga menjadi seri V pertama Vivo yang didukung AI Triple Camera alias tiga kamera belakang dan Mode Malam.

2. Layar Ultra o-screen pertama

Smartphone ini mengusung desain muka Ultra O-Screen yang pertama kali hadir di Vivo. Desain ini hanya menyisakan sedikit lubang kamera di pojok kiri atas.

Hingga saat ini, Vivo Z1 Pro masih menjadi satu-satunya smartphone yang memiliki desain Ultra O-Screen di kelasnya.

Karena targetnya adalah pecinta gaming, dapur pacunya tentu tidak tidak asal pilih. Vivo mengandalkan Snapdragon 712 AIE sebagai "otak" Vivo Z1 Pro yang memberikan performa lebih garang.

3. Kamera dual-pop selfie pertama

Tak lama berselang, Vivo kembali merilis smartphone baru dari seri V, yakni Vivo V17 Pro. Smartphone ini dirilis sekitar bulan September 2019 dengan inovasi Dual-Pop Up Selfie Camera yang diklaim pertama kali ada di dunia.

Kamera selfie ganda ini masing-masing dihuni oleh kamera utama 32 megapiksel dan kamera wide 8 megapiksel. Tidak cuma itu, smartphone ini juga menjadi seri pertama Vivo yang didukung empat kamera belakang alias AI Quad Camera.

Lensa baru yang ditempelkan adalah makro yang berfungsi untuk memotret gambar detail agar tekstur dan warna yang dihasilkan lebih kentara.

Vivo juga turut menghadirkan mode malam di ponsel ini. Vivo V17 Pro menjadi smartphone pertama Vivo yang dibekali konektor USB-C dan memori besar RAM 8 GB dan internal 128 GB.

4. Modul kamera 4 lensa yang unik

Jelang penghujung tahun, Vivo masih merilis satu smartphone lagi, yakni Vivo S1 Pro. Ponsel ini menjadi model unggulan dari seri "S" yang juga baru pertama kali hadir di Indonesia.

Vivo S1 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang memiliki modul kamera berbentuk belah ketupat atau diistilahkan Vivo sebagai Diamond-Shaped Camera.

Bentuk modul unik ini tak pelak menarik perhatian karena baru pertama kali hadir di Indonesia.

Selain bentuk modul kamera yang unit, Vivo S1 Pro juga dilegkapi dengan fitur Screen Touch ID, layar panel Super AMOLED, dan kamera selfie 32 megapiksel.

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/07/10000057/deretan-inovasi-teknologi-yang-membawa-vivo-jadi-kedua-terbesar-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke