Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Ungkap Wujud Ponsel dengan Kamera Depan di Balik Layar

Namun, vendor ponsel China itu telah mengembangkan teknologi under screen camera (USC) yang diperkenalkan pada acara Mobile World Conference 2019 di Shanghai, beberapa bulan lalu.

Saat diumumkan di Shanghai, teknologi itu masih tahap awal. Oppo kini kembali memamerkannya dalam purwarupa smartphone dengan desain yang lebih elegan, dibanding saat pertama kali diumumkan.

Purwarupa baru ini dipajang di rangkaian acara Oppo Inno Day 2019 yang dihadiri KompasTekno, yang berlangsung di Shenzen, Selasa (10/12/2019).

Tapi, Oppo mengklaim kualitas kamera tidak kalah dengan hasil jepretan kamera selfie konvensional pada umumnya, yang lensanya tidak terintegrasi dengan layar.

Saat KompasTekno mencoba, hasil foto terlihat baik, sebagaimana kamera depan lini ponsel Oppo yang telah beredar di pasaran.

Meski lensa kamera tertanam di balik layar, namun bagian layar tempat lensa singgah itu tetap bisa dioperasikan dengan jari, fungsi layar sentuhnya tetap berjalan.

Minim lubang

Purwarupa smartphone ini juga punya keunikan lain, yakni minim lubang. Tidak ada lubang pengisi daya maupun lubang audio jack di sisi manapun.

"Pengisi daya dilakukan dengan wireless VOOC yang bisa mengisi daya baterai 4.000 mAh dalam waktu 80 menit," jelas Aryo Medianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Ada lubang yang tersisa adalah microphone yang ada di sisi atas ponsel. Lantas, bagaimana dengan suara apabila lubang speaker ditiadakan?

Tidak hanya minim lubang, tombol fisiknya pun diperkecil dan dipertipis, seakan tanpa tombol fisik. Seperti di lini smartphone sebelumnya, tombol daya berada di sisi kanan, sementara tombol volume ada di sisi kiri.

Sekali lagi, smartphone tersebut belum resmi diluncurkan Oppo, dan masih bersifat purwarupa. Oppo mengatakan masih akan mengembangkan smartphone ini sebelum akhirnya dijual secara komersil.

Bahkan nama apa yang akan disematkan pun masih misterius. Bisa jadi, Oppo bakal merilis smartphone purwarupa ini secara komersil dalam waktu dekat.

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/10/17130067/oppo-ungkap-wujud-ponsel-dengan-kamera-depan-di-balik-layar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke