Salin Artikel

Ada Tanda Tangan Steve Jobs, Disket Ini Laku Rp 1 Miliar

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? Dia dalah pendiri Apple yang telah menciptakan iPhone, iPad dan berbagai gadget populer lainnya yang memicu perubahan-perubahan besar di industri. 

Tak heran, sebuah disket berwarna putih yang dibubuhi tanda tangan oleh Jobs bisa laku dengan harga fantastis. Barang itu terjual dengan harga 84.115 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 miliar dalam sebuah lelang yang digelar oleh RR Auctions, awal pekan ini. 

Floppy disk berukuran 3,5 inci tersebut memuat software Macintosh System Tools 6.0 yang dirilis 31 tahun lalu pada 1988. Satu hal yang istimewa soal coretan Jobs di disket adalah dia dikenal jarang membubuhkan tanda tangan.

"Ini adalah bentuk tanda tangan Jobs yang sangat diinginkan dan jarang dilihat. Karena, Jobs dikenal sebagai pribadi yang enggan melakukan tanda tangan. Dia sering menolak untuk mematuhi permintaan kolektor," sebut RR Auctions dalam deskripsi disket yang bersangkutan.

Pihak RR Auctions awalnya memperkirakan bahwa nilai disket tersebut hanya mencapai 7.500 dollar AS. Namun ternyata banderol finalnya melonjak hingga lebih dari sebelas kali lipat angka perkiraan, seperti dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (11/12/2019). 

Meski langka, disket ini bukan satu-satunya barang yang ditulisi tanda tangan oleh Jobs dan laku terjual dengan harga tinggi. 

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/11/15060077/ada-tanda-tangan-steve-jobs-disket-ini-laku-rp-1-miliar

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.