Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPad Masuk Jajaran Gadget Terbaik Satu Dekade Terakhir

Salah satu perangkat baru yang lahir dalam satu dekade ini adalah komputer tablet. Perangkat ini sempat digadang-gadang sebagai pengganti laptop lantaran memiliki ukuran yang lebih ringkas dan punya fungsi segudang.

Para produsen pun ramai-ramai membuat komputer tablet. Apple adalah salah satunya. Pada 2010 silam Apple pertama kali memerkenalkan iPad, komputer tablet dengan sistem operasi iOS.

Sampai saat ini, Apple pun masih bertahan sebagai perusahaan dengan penjualan perangkat tablet dari lini iPad. Perangkat ini pun dinobatkan sebagai salah satu gadget terbaik selama satu dekade versi majalah Time.

"Tampilan multitouch-nya yang mengesankan, benar-benar mengesampingkan tombol fisik, dan pilihan perangkat lunak serta media yang melimpah menciptakan hiburan yang sempurna yang dapat dinikmati semua orang," tulis Time.

Dikutip KompasTekno dari Time.com, Selasa (17/12/2019), Apple pun sampai saat ini masih terus mengembangkan iPad. Bahkan Apple melakukan pembaruan sistem operasi dengan merilis iPadOS.

Ditambah dengan adanya aksesoris tambahan seperti Apple Pencil, membuat orang optimistis terhadap perkembangan perangkat ini.

iPad sendiri pertama kali diluncurkan pada Januari 2010 atau sekitar sembilan tahun yang lalu.
Pada saat itu iPad dianggap sebagai perangkat Apple yang paling canggih dan revolusioner.

Apple sampai saat ini masih konsisten dengan pandangan mereka terhadap iPad sejak sembilan tahun lalu. Meski sudah banyak melakukan perubahan terhadap perangkat tersebut.

Apple sebenarnya terus memperbaiki iPad pada setiap versinya. Ada model dengan layar lebih kecil atau besar, dan punya resolusi yang meningkat secara signifikan.

Bahkan di beberapa generasi terakhir, desain iPad pun semakin stylish dan fiturnya terus diperbarui. Dengan demikian iPad masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggunanya.

Beberapa bulan lalu IDC sempat merilis laporan terkait jumlah pengapalan perangkat tablet di pasar global. iPad memimpin jumlah pengapalan ini.

Menurut laporan IDC, secara keseluruhan ada sekitar 32,2 juta tablet yang dikapalkan ke pasar global pada kuartal kedua 2019. Dari jumlah ini, sebanyak 12,3 juta merupakan produk iPad.

Angka pengiriman iPad tercatat naik 6,1 persen secara year-over-year, selagi hampir semua pemain lain justru turun, kecuali Amazon yang menunjukkan kenaikan 46,3 persen.

Perolehan angka tersebut dipicu oleh meningkatnya jumlah pengiriman iPad Air secara signifikan pada Maret lalu.

Kehadiran seri iPad anyar itu juga turut mendongkrak penjualan aksesori lainnya, seperti smart keyboard yang dapat terhubung dengan iPad tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/17/18340047/ipad-masuk-jajaran-gadget-terbaik-satu-dekade-terakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke