Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nintendo Switch Masuk Daftar Gadget Berpengaruh dalam 10 Tahun

Majalah Time menyebut Nintendo Switch sebagai gadget yang penting dan berpengaruh dalam 10 tahun, karena membawa terobosan baru.

"Sejak diperkenalkan pada 2017, Nintendo Switch telah memberikan kontribusi penting pada sektor dunia game berupa teknologi hybrid, dimana konsol ini dapat dimainkan secara portabel maupun dikoneksikan ke TV" jelas pihak Time.

Teknologi hybrid yang hadir pada konsol ini memberikan keleluasaan kepada para pemain, mereka bisa game di mana saja dan kapan saja dengan mode portabel, dan memanfaatkan TV untuk menambah pengalaman bermain menjadi lebih memuaskan.

Konsol Switch juga sukses membawa pundi-pundi bagi Nintendo. Seminggu setelah peluncuran perdananya pada Maret 2017 lalu, konsol ini dinobatkan menjadi konsol terlaris di AS, Eropa, dan Australia dengan total penjualan mencapai 1,5 juta unit.

Tak berhenti disitu saja, Nintendo juga menawarkan konsol serupa dengan versi "lite". Konsol mini ini memiliki harga yang lebih murah dari konsol versi reguler-nya.

Hingga September lalu, Nintendo berhasil menjual Switch Lite sebanyak 1,95 juta unit. Angka ini menyentuh 46 persen dari seluruh penjualan konsol Nintendo Switch di kuartal ketiga 2019.

Berikut adalah daftar gadget terbaik sepanjang satu dekade, versi majalah Time, dari masa kejayaan iPad di tahun 2010 hingga Xbox Adaptive Controller di tahun 2018.

Apple iPad (2010)

Sejak kemunculannya ditahun 2010, iPad menjadi tablet komputer futuristik yang dibekali dengan fitur multitouch anyar pada bagian layar dan hilangnya penggunaan tombol fisik.

Gadget ini juga dapat menjadi gadget penyedia hiburan berkat kepopuleran game Fruit Ninja kala itu.

Tesla Model S (2012)

Siapa bilang kalau mobil bukanlah gadget? Mobil sedan elektrik ini menjadi pelopor mobil pertama yang mendorong kemajuan industri otomotif dalam pemanfaatan bahan bakar listrik.

Kendaraan mewah ini juga telah dilengkapi dengan layar touchscreen lengkap dengan kemampuan autopilot yang disempurnakan dengan baik.

Raspberry Pi (2012)

Sering disingkat dengan nama Raspi, perangkat ini adalah single-board circuit kecil untuk menjalankan berbagai program pada perangkat elektronik seperti komputer.

Perangkat mini ini bahkan dapat menjalankan perangkat robotik dan perangkat kompleks lain seperti cloud server, konsol game retro dan smart speaker.

Google Chromecast (2013)

Google Chromecast dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video online pada smartphone, laptop atau TV. Perangkat ini populer digunakan sebagai alternatif penggunaan smart TV yang memiliki harga fantastis kala itu.

DJI Phantom (2013)

Drone mulai dikenal oleh masyarakat berkat maraknya penggunaan DJI Phantom oleh YouTuber dalam mengabadikan gambar serta video melalui angle angkasa.

Sama seperti pada drone pada umumnya, gadget ini dapat menangkap gambar dengan jelas dari ketinggian dan dapat dikontrol oleh pengguna.

Amazon Echo (2014)

Amazon Echo saat ini telah menjadi perangkat yang lumrah digunakan sebagai asisten rumah tangga. Bersama Alexa sang voice assistant, perangkat ini telah terjual lebih dari 100 juta unit.

Sejumlah kompetitor bahkan mencoba mengikuti jejak Amazon dengan meluncurkan berbagai perangkat serupa. Namun perangkat yang kini akrab dipanggil Amazon Alexa tetap menjadi home assistant populer dikalangan masyarakat.

Apple Watch (2015)

Apple Watch menjadi pelopor smartwatch yang memiliki fitur sensor kesehatan. Selain itu perangkat ini juga memiliki konsep visualisasi digital yang terlihat keren.

Apple AirPods (2016)

Perangkat ikonik ini sempat menjadi fenomenal berkat konsep wireless dan hilangnya penggunaan audio jack. Hingga pada saat ini, AirPods menjadi earpod yang kerap diasosiasikan sebagai penentu status sosial masyarakat.

Nintendo Switch (2017)

Setelah sukses pada peluncurannya ditahun 2017, Nintendo Switch kembali dinobatkan menjadi gadget terbaik pada dekade ini.

Dengan teknologi hybrid yang diaplikasikan pada konsol ini, Nintendo Switch memberikan aksesibilitas yang tak terhingga kepada penggunanya.

Xbox Adaptive Controller (2018)

Dengan desain yang minimalis, Microsoft menghadirkan kontroler Xbox anyar yang dapat digunakan diberbagai perangkat meliputi PC Windows dan Xbox One.

Bekerja sama dengan Cerebral Palsy Foundation dan AbleGamers Charity, Microsoft menciptakan kontroler futuristik nan modern.

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/18/09440347/nintendo-switch-masuk-daftar-gadget-berpengaruh-dalam-10-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke