Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Facebook untuk Menjaga Privasi

Dengan hidupnya fitur tersebut, data lokasi Anda tentu akan diketahui oleh aplikasi dan digunakan untuk keperluan tertentu, misalnya menyodorkan iklan, tagging lokasifoto, atau memberitahu siapa saja pengguna lainnya yang berada di sekitar.

Facebook merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat melacak lokasi Anda. Namun, demi alasan privasi, Anda dapat menonaktifkan fitur "location" pada aplikasi Facebook dari ponsel Anda. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mematikan pelacakan lokasi Facebook di Android

Pertama-tama, buka aplikasi Facebook, lalu masuk ke akun Anda dan tekan tombol menu bergambar tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar. Di jendela yang muncul, gulir ke bawah, pilih "Settings and Privacy", lalu "Settings".

Di sini akan ditampilkan sub-menu "Privacy" seperti pada gambar di bawah. Selanjutnya pilih "Location", lalu "Location Access".

9. Anda juga dapat menonaktifkan pelacakan lokasi secara total pada Facebook dengan mematikan "Location services".

Apabila opsi ini yang dipilih, maka akan muncul sebuah pop-up yang mengantarkan Anda ke pengaturan aplikasi Facebook di Android. Cukup tekan tombol "App Permissions" dan nonaktifkan opsi location.

Mematikan pelacakan lokasi Facebook di Android di iOS

Melalui aplikasi Facebook, tekan tombol menu pada layar. Gulir kebawah hingga Anda menemukan menu "Settings and Privacy", pilih "Settings". Gulir kembali hingga menemukan "Location" di bawah "Privacy". Pilih "Location Services" lalu "Location".

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/19/18350017/cara-mematikan-pelacakan-lokasi-facebook-untuk-menjaga-privasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke