Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Patenkan "Controller" PlayStation dengan Dua Tombol Belakang

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, desain controller yang diduga untuk konsol PS5 terkuak di dunia maya melalui dokumen paten.

Kini, ada sebuah paten lain yang juga memampang desain controller bikinan Sony teranyar, namun belum jelas apakah perangkat tersebut dirancang untuk PS5 atau bukan.

Adapun paten yang menggambarkan desain controller tersebut telah dirilis oleh kantor paten dunia (WIPO) pada 26 Desember kemarin di situsnya.

Jika dilihat sekilas, rancangan controller baru yang tertuang di dalam dokumen paten ini lagi-lagi identik dengan controller PS4.

Hanya saja, perangkat tersebut kini tampak dibekali dengan dua tombol yang menempel di sisi belakang controller, sebagaimana ditandai oleh nomor "31b" di gambar ilustrasi berikut.

Konon, kedua tombol tersebut fungsinya mirip dengan aksesoris "Dualshock 4 Back Button" yang didesain untuk controller PS4, yakni sebagai pengganti tombol yang sudah ada di controller dengan cara memindahkan fungsinya (re-mapping).

Perbedaan lain terlihat di absennya tombol berhiaskan logo "PlayStation" yang sebelumnya berada di bawah lubang speaker.

Terlepas dari itu, aneka tombol dan komponen yang menghiasi controller baru ini, seperti port micro USB, serupa dengan controller PS4.

Meski begitu, controller PS5 sendiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Polygon, Selasa (31/12/2019), diyakini bakal dibekali dengan port USB-C.

Dengan kata lain, belum bisa dipastikan apakah desain controller Sony terbaru ini bakal terwujud menjadi sebuah produk atau tidak, terlebih untuk menemani konsol PS5 yang rencananya bakal meluncur di penghujung 2020. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/31/08170037/sony-patenkan-controller-playstation-dengan-dua-tombol-belakang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke