Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Windows Phone Mulai Hari Ini

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Selasa (31/12/2019), Whatsapp sudah tidak bisa dijalankan di smartphone dengan sistem operasi Windows Phone/ Mobile.

Para pemilik ponsel dengan OS besutan Microsoft itu dilaporkan sudah tidak bisa lagi mengirim ataupun menerima pesan WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp memang sempat mengingatkan bahwa dukungan untuk OS Windows Phone sudah dicabut dan aplikasinya di sistem operasi tersebut bisa berhenti berfungsi sewaktu-waktu.

Dengan demikian, semua ponsel Nokia Lumia dengan sistem operasi Windows Phone sudah tidak bisa menjalankan WhatsApp lagi. Termasuk model-model terakhir seperti Lumia 650 yang masih dipasarkan hingga 2017.

"Ini adalah keputusan yang sulit untuk kami, namun merupakan langkah yang tepat untuk memberikan cara yang lebih baik kepada para pengguna agar tetap berhubungan," tulis Whatsapp dana sebuah pernyataan yang dihimpun KompasTekno dari Telegraph.

WhatsApp mencabut dukungan untuk Windows Phone antara lain karena Microsoft sendiri selaku pemilik sistem operasi itu sudah menghentikan pengembangannya sejak beberapa tahun lalu.

Support untuk versi terbarunya, Windows 10 Mobile, pun sudah dihentikan pada awal Desember 2019. Microsoft menyarankan para penggunanya untuk beralih ke Android atau iOS.

Namun, dalam hal dukungan WhatsApp, Android dan iOS pun tak sepenuhnya aman. Versi-versi lawas dari dua sistem operasi mobile terpopuler itu akan menyusul nasib Windows Phone pada 1 Februari 2020.

Setelah tanggal tersebut, WhatsApp hanya akan mendukung Android versi 4.0.3 atau yang lebih baru, iOS versi 9 atau yang lebih baru, serta KaiOS 2.5.1 atau yang lebih baru.

 

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/31/10570057/whatsapp-tak-bisa-dipakai-di-windows-phone-mulai-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke