Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghapus atau Menyimpan Stories di Instagram

KOMPAS.com - Pengguna setia jejaring sosial Instagram pasti sudah akrab dengan fitur Stories yang kerap digunakan untuk berbagi gambar atau video pendek berisi momen sehari-hari.

Konten dalam Stories akan terhapus secara otomatis dalam waktu 24 jam setelah diunggah. Namun, berbeda dari linimasa utama Instagram, konten yang diunggah lewat Instagram Stories tidak bisa diedit.

Pengguna hanya bisa menghapus dan mengunggahnya kembali jika misalnya ada kesalahan setelah Stories diunggah. Lantas, bagaimana cara menghapus konten yang telah diunggah di Instagram Stories?

Pertama-tama, pengguna tentu harus memiliki akun Instagram dan mengunggah setidaknya satu Stories. Lalu, klik avatar akun yang berbentuk longkaran yang bisa ditemui di tab "Home" atau "Profile" di aplikasi atau situs Instagram.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori aneka Stories yang sebelumnya sudah diunggah, mulai dari yang terlama hingga terbaru, dalam 24 jam terakhir.

Pilih Stories yang ingin dihapus dengan meng-klik pilihan "More" yang diwakili oleh ikon tiga titik di pojok kanan bawah layar, lalu pilih "delete" di jendela pop-up yang muncul sebanyak dua kali.

Cara menyimpan unggahan Instagram Stories

Selain menghapus, pengguna juga bisa menyimpan konten Instagram Stories yang sudah diunggah. 

Hal ini berguna jika pengguna ingin mengunggah isi Stories yang sama namun hanya ingin menambahkan sesuatu, misalnya seperti teks atau stiker tambahan. 

Nah, untuk menyimpannya, pertama-tama pengguna bisa mengunjungi Instagram Stories dengan mengetuk avatar akun Instagram di tampilan "Home" atau "Profile" terlebih dahulu.

Jika sudah, pilih ikon "More" dan klik menu "Save Photo" untuk menyimpan Stories tersebut, sebagaimana ditunjukkan oleh penanda persegi panjang berwarna merah di gambar berikut.  

Pengguna bisa menemukan Stories yang telah disimpan di galeri ponsel masing-masing, dengan folder bernama Instagram. 

Jika ditelusuri menggunakan aplikasi file manager, Stories dengan format video bakal disimpan di folder Movies > Instagram, kemudian format gambar akan disimpan di folder Pictures > Instagram.

Tak hanya menyimpan di memori ponsel, pengguna juga bisa mengabadikan Stories lewat fitur "Highlight".

Seperti namanya, Stories yang disimpan menggunakan fitur ini nantinya bakal terpampang di tab "Profile" pada akun Instagram dan tak akan lenyap meski telah 24 jam diunggah. 

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna cukup mengetuk ikon "Highlight" yang berada tepat di sebelah kiri ikon "More" di Stories yang sedang dilihat.

Lalu, pilih album highlight yang sudah dibuat atau pilih ikon "New" untuk membuat album baru. Album di sini berfungsi untuk menampung Stories yang ingin disimpan.  

https://tekno.kompas.com/read/2019/12/31/15020017/cara-menghapus-atau-menyimpan-stories-di-instagram

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.