Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dari 5G hingga Kesehatan Mental, Ini Prediksi Tren Smartphone di 2020

Nah, 2020 adalah awal tahun sekaligus dasawarsa yang baru. Teknologi smartphone pun bakal semakin maju dan melahirkan tren-tren anyar. Sebagian mungkin merupakan kelanjutan dari tren sebelumnya yang makin mengemuka.

Apa saja? Berikut ini beberapa prediksinya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slashgear, Rabu (1/1/2020).

5G makin meluas

Kemunculan Snapdragon 865 yang mesti dipasangkan dengan modem 5G Snapdragon X55 jadi salah satu penanda bahwa para pemain industri pun ingin mendorong adopsi 5G di kalangan konsumen.

Teknologi 5G pun bukan hanya monopoli perangkat berharga mahal saja. Qualcomm dan MediaTek, misalnya, masing-masing telah menelurkan system-on-chip untuk ponsel menengah yang sudah mendukung 5G.

Bisa diduga bahwa aneka ponsel 5G pun akan lebih banyak bermunculan di pasar pada 2020. Mungkin semuanya berbasis Android karena hingga kini Apple belum memberikan kejelasan kapan iPhone 5G akan dirilis.

Kesehatan mental lebih diperhatikan

Instagram, misalnya, mulai menyembunyikan hitungan likes diunggahan konten supaya penggunanya tak keranjingan. Google pun mewajibkan mode screen-off di Android untuk membantu pengguna mengendalikan kebiasaan memakai gadget.

Dengan kata lain, perusahaan-perusahaan kini mulai memprioritaskan urusan kesehatan pengguna. Hal ini bakal berlanjut terus di 2020.

Augmented Reality dan Artificial Intelligence lebih canggih

Dua jenis teknoogi tersebut bisa makin canggih di 2020 lewat penambahan hardware khusus sepertisensor gestur yang terdapat di smartphone Google Pixel 4.

Selain itu, tenaga olah komputasi juga makin besar sehingga smartphone mendatang akan bisa menjalankan aneka fungsi terkait AR dan AI yang lebih kompleks.

Layar lipat dan layar ganda mengemuka

Pada 2020, para pabrikan ini bakal merilis generasi kedua dari produk ponsel lipat masing-masing yang akan lebih matang dibanding perangkat terdahulu.

Bukan hanya layar lipat, pabrikan lain pun ada yang bereksperimen dengan layar ganda. Contohnya seperti Microsoft Surface Neo yang purwarupanya sudah diperkenalkan pada 2019. Versi final dari perangkat serupa ponsel lipat tapi dengan layar terpisah ini akan rilis di 2020.

Kembalinya "Flagship killer"

Namun kiprah Pocophone konon belum tamat. Vendor itu ramai dikabarkan bakal merilis "flagship killer" berikutnya yang bernama Poco F2 pada 2020.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/01/19100057/dari-5g-hingga-kesehatan-mental-ini-prediksi-tren-smartphone-di-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke