Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Siapkan TV MicroLED dalam Berbagai Ukuran

KOMPAS.com - Pada pameran CES tahun 2018, Samsung untuk pertama kalinya memperkenalkan TV dengan teknologi panel layar MicroLED. Ketika itu TV tersebut hanya tersedia dengan ukuran raksasa, 292 inci, sehingga cuma cocok untuk konsumen enterprise.

Dua tahun setelahnya, pada CES 2020 yang digelar di Las Vegas, AS, pekan ini, Samsung mengumumkan bakal menyediakan TV MicroLED dalam ukuran bervariasi, terutama yang lebih kecil agar cocok untuk pengguna rumahan.

Total akan ada empat opsi ukuran diagonal yang tersedia, yakni 75 inci, 88 inci, 93 inci, 110 inci, 150 inci, dan 292 inci tadi. Khusus varian 88 inci dan 150 inci akan memiliki desain "ultra slim" tanpa bingkai layar (bezel).

Karena bersifat modular, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Rabu (8/1/2020), konsumen bisa menggabungkan beberapa TV MicroLED sekaligus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bentuk ruangan.

Tipe layar MicroLED sendiri menggunakan modul-modul LED berukuran mikrometer sebagai tiap piksel. Seperti OLED, tiap modul LED berukuran sangat kecil ini bisa menghasilkan cahaya sendiri sehingga rasio kontrasnya jauh lebih tinggi dibanding panel LCD.

"MicroLED menawarkan kualitas gambar terbaik di kelasnya, dengan tingkat kedalaman, resolusi, dan kejernihan yang lebih tinggi. Kecerahan maksimalnya mencapai 5.000 nits," tulis Samsung dalam pengumuman terkait di situsnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/08/19100007/samsung-siapkan-tv-microled-dalam-berbagai-ukuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke