Salin Artikel

Cara Menyimpan dan Berbagi Data di Line Lewat Fitur Keep

Tak hanya sebagai aplikasi perpesanan, Line juga memiliki layanan Keep untuk menyimpan data seperti percakapan, foto, video, audio, link, dan dokumen pada aplikasi Line.

Layanan Keep milik Line mengandalkan cloud untuk menyimpan data pengguna sehingga data yang disimpan tidak akan memakan memori internal pada ponsel.

Line menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB secara cuma-cuma untuk pengguna Keep. Meski gratis, Line memiliki batasan tertentu terkait ukuran dokumen yang bisa disimpan di layanaan Keep.

File yang memiliki ukuran lebih dari 50 MB, tidak akan tersimpan secara permanen pada Keep. File tersebut hanya akan disimpan selama 30 hari.

Hal ini dapat dilihat pada informasi hitung mundur yang tersedia di daftar file. Selain itu, layanan Keep juga hanya dapat menyimpan foto dengan ukuran maksimal 20 MB dengan resolusi maksimal 10.000 x 10.000 piksel.

Lantas bagaimana cara menggunakan Keep?

Untuk dapat menyimpan data pada Keep, caranya cukup mudah. Pengguna cukup membuka aplikasi Line dan pada menu "Friends" pilih "Keep" yang terletak di samping foto profil.

Kemudian tekan tombol tambah/plus (+) pada sisi kanan atas dan pilih kategori file yang ingin Anda simpan. Setelahnya, pilih file yang ingin disimpan pada Line Keep.

Selain cara tersebut, ada pula cara yang lebih praktis untuk menyimpan data pada Line Keep.

Pengguna dapat langsung menyimpan data pada obrolan dengan memilih foto, file atau percakapan yang ingin disimpan.

Tandai semua data yang ingin Anda simpan pada Keep lalu tekan tombol "Keep" untuk menyimpan data tersebut.

Selain untuk menyimpan data pribadi, layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi data yang telah disimpan kepada akun pengguna lain.

Pengguna dapat dengan bebas mengirim data yang ada pada Line Keep melalui ponsel maupun pada komputer. Apa bedanya?

Jika Anda ingin berbagi data Keep ke sesama ponsel, pada obrolan Anda dapat menekan tombol tambah "+" lalu pilih "Keep". Setelahnya pilih file yang akan dibagikan pada Keep dan tekan tombol share.

Sementara untuk membagikan data Keep melalui PC Anda hanya harus mengikuti beberapa langkah mudah.

Pertama, buka obrolan lalu pilih simbol Keep yang berupa pembatas buku. Selanjutnya Anda dapat memilih data yang ingin dibagikan pada Keep lalu pilih "Send".

Perlu diperhatikan, Keep tetap akan dapat diakses walaupun Anda mengganti ke ponsel baru. Untuk dapat melakukan ini, pastikan akun Line Anda sudah terhubung dengan e-mail maupun Facebook pribadi Anda.

Jadi, selama Anda tetap masuk dengan akun tersebut, Anda dapat mengakses file di Keep sama seperti sebelumnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/13/08270007/cara-menyimpan-dan-berbagi-data-di-line-lewat-fitur-keep

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.