Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple, Xiaomi, dan Samsung Kuasai Pasar TWS

Menariknya, penguasa pangsa pasar earphone nirkabel ini justru berasal dari vendor smartphone, bukan pabrikan aksesoris audio seperti JBL atau Beats.

Menurut laporan dari Strategy Analytics, Apple menguasai pangsa pasar earphone nirkabel dengan persentase 71 persen.

Disusul Xiaomi dan Samsung secara berurutan di posisi kedua dan ketiga dengan total persentase pangsa pasar keduanya kurang dari 10 persen.

Laporan ini senada dengan publikasi Canalys akhir Desember 2019 lalu.

Canalys memperkirakan volume pengapalan earphone nirkabel naik 183 persen dan tembus ke angka 43 juta unit pada kuartal ketiga tahun 2019.

Tiga vendor tadi juga masih menjadi pemnguasa pasar earphone nirkabel. Apple menduduki peringkat pertama versi Canalys dengan pangsa pasar 43 persen, disusul Xiaomi 7 persen, dan Samsung 6 persen.

Baik Canalys maupun Strategy Analytics, sama-sama menobatkan AirPods keluaran tahun 2016 lalu sebagai yangpaling populer.

"AirPods besutan Apple menjadi headset bluetooth paling dominan dalam hal volume penjualan dan pendapatan di segmen earphone nirkabel," jelas Ken Hyers, kepala analis dari Strategy Analytics.

Lebih lanjut, Hyers memprediksi Apple masih akan terus mendominasi pasar earphone nirkabel hingga pertengahan dekade ke depan.

Sementara itu, Redmi AirDots yang dirilis tahun 2019 lalu menjadi alternatif earphone nirkabel murah.

Redmi AirDots pertama kali diperkenalkan tahun 2019 lalu dengan harga 99,9 yuan (sekitar Rp 198.000). Galaxy Buds menjadi earphone nirkabel lain yang kemudian tidak kalah populer.

Samsung pun berencana memperkenalkan Galaxy Buds+ baru pada 11 Februari mendatang  bersamaan dengan peluncuran Galaxy S20.

Menurut Jason Low, salah satu analis dari Canalys, vendor smartphone kian agresif dalam menjual perangkat earphone nirkabel, demi meningkatkan pengalaman audio bagi penggunannya.

Pemain dan produk baru lainnya akan semakin banyak meramaikan pasar earphone nirkbael.

Salah satunya adalah induk Google, Alphabet yang akan merilis Pixel Buds 2 musim semi nanti. Selain itu, Amazon Echo Buds dan Surface Buds milik Microsoft juga akan segera dirilis ke pasar.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (15/1/2020), pendapatan dari penjualan earphone nirkabel pada tahun 2019 diperkirakan naik lebih dari 200 persen.

Diprediksi, pendapatannya mencapai 100 miliar dollar AS tahun 2024 mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/15/07040057/apple-xiaomi-dan-samsung-kuasai-pasar-tws

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke