Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tren dan Teknologi Smartphone yang Hadir di Ajang CES 2020

Sebagai acara yang rutin digelar setiap awal tahun, tak sedikit teknologi baru yang hadir dalam ajang ini.

CES juga kerap dijadikan sebagai tolok ukur untuk memperkirakan teknologi atau model ponsel seperti apa saja yang akan menjadi tren dalam waktu dekat, atau di tahun mendatang.

Dalam gelaran CES 2020 ini pun ada sejumlah perangkat anyar yang diperkenalkan kepada publik. Mulai dari perangkat dengan harga murah, menengah, hingga mahal.

Lantas smartphone seperti apa yang menjadi perhatian dalam ajang CES tahun ini? Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (15/1/2020), berikut ini adalah sejumlah tren teknologi yang hadir dalam gelaran CES 2020.

1. Ponsel lipat dengan harga lebih murah

Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable) mulai muncul pada tahun 2019 lalu ketika Samsung memperkenalkan Galaxy Fold.

Vendor ponsel asal China, Huawei, juga ikut memperkenalkan ponsel layar lipat miliknya, Huawei Mate X di tahun yang sama.   

Kedua ponsel ini dibanderol dengan harga yang tinggi. Di Indonesia, Galaxy Fold dijual dengan harga sekitar Rp 30 juta.

Namun di tahun 2020 ini tampaknya para vendor smartphone akan mulai bisa memangkas harga ponsel layar lipat.

Dalam pada CES 2020 kemarin, perusahaan elektornik asal China, TCL, memamerkan prototipe ponsel layar lipat dengan tiga kamera yang mendukung konektivitas 5G.

Kabarnya, ponsel tersebut akan dibanderol dengan harga yang lebih murah. Konon ponsel tersebut akan dibanderol di bawah Rp 20 juta.

Selain TCL, Samsung juga dikabarkan mengumunkan ponsel lipat generasi selanjutnya yang akan dibanderol 850 dollar AS atau sekitar Rp 11jutaan.

2. Ponsel 5G dengan harga terjangkau

Namun dalam ajang CES 2020 ini ada sejumlah ponsel 5G yang hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Di antaranya adalah TCL Pro dengan harga 500 dollar AS atau sekitar Rp 6,8 juta, dan CoolPad Legacy seharga 400 dollar AS atau setara dengan Rp 5,4 jutaan.

Tak hanya itu, Verizon juga berencana untuk menjual 20 produk ponsel berkemampuan 5G pada tahun 2020.

Dari 20 ponsel tersebut, akan ada sejumlah model yang dibanderol dengan harga yang murah yakni sekitar 600 dollar AS atau Rp 8 jutaan.

Ponsel ponsel tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Galaxy Note 10 5G dengan harga 1.300 dollar AS atau seharga Rp 17 jutaan.

3. Desain kamera

Galaxy Note 10 Lite dan Galaxy S10 Lite yang diperkenalkan di CES 2020, keduanya memiliki sebuah wadah kamera hitam berbentuk persegi. Wadah ini mirip dengan yang dimiliki Google Pixel 4.

Sejumlah pengamat industri mengatakan bahwa Samsung telah mengambil jalan yang cukup berani untuk melawan iPhone 11, yang juga memiliki desain kamera yang sama.

Ada pula OnePlus Concept One yang mendesain kamera miliknya agar dapat "menghilang" di balik kaca pelindungnya apabila sedang tidak digunakan.

4. Pasar gaming yang menjadi incaran

Hadirnya inovasi konektivitas 5G akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi industri ponsel gaming.

Dengan teknologi jaringan generasi kelima ini, para pencinta game akan mendapat pengalaman bermain game yang lebih baik.

Pasar ponsel gaming dipercaya akan mendapat ceruk yang semakin besar. Sejumlah perusahaan teknologi pun kini tak lagi melihat pasar gaming dengan sebelah mata.

Terbukti dari adanya sejumlah teknologi yang hadir khusus untuk pasar gaming di tahun ini. Seperti salah satunya adalah chipset Snapdragon 765G yang hadir untuk mengisi pasar smartphone gaming dengan segmen harga menengah.

Bukan hanya itu, para vendor smartphone pun mulai membekali ponsel mereka dengan layar yang memiliki angka refresh rate 120Hz untuk menampilkan gambar yang lebih ciamik.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/16/09430007/4-tren-dan-teknologi-smartphone-yang-hadir-di-ajang-ces-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke