Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Patenkan Kamera Belakang Berbentuk Unik, untuk Find X2?

KOMPAS.com - Sebuah dokumen paten yang dirilis oleh kantor hak paten China (CNIPA) pekan lalu mengungkap desain ponsel baru dari Oppo yang memiliki susunan kamera belakang berbentuk unik.

Kamera-kemera tidak disusun segaris atau dalam wadah berbentuk persegi, tapi melengkung secara horizontal, mirip bulan sabit. Kuat dugaan rancangan kamera ini akan diterapkan di ponsel flagship berikutnya dari Oppo, Find X2.

Secara berurutan dari kiri ke kanan, deretan kamera diawali dengan modul LED flash, kemudian ada satu kamera yang konon merupakan kamera utama, berikut dua kamera yang lebih kecil dari kamera utama tadi.

Di bagian atas susunan kamera melengkung ini juga tampak ada ruang khusus dengan lapisan warna yang lebih terang dibandingkan warna punggung perangkat selebihnya, sehingga menguatkan kesan mirip bulan.

Fungsi ruang khusus ini belum jelas. Bisa jadi hanya hiasan belaka atau justru punya fungsi lain, seperti untuk menampilkan lampu notifikasi LED atau beragam animasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (21/1/2020).

Dengan kata lain, bagian cangkang ponsel ini bakal terlihat bersih ketika kamera belakang disembunyikan.

Terlepas dari desain dan fungsi unik kamera belakang tadi, elemen desain lain dari smartphone yang disinyalir sebagai Oppo Find X2 masih mirip ponsel pada umumnya.

Di sekeliling bingkai ada modul kamera pop-up lebar mirip Vivo V17 Pro (atas), port USB-C dan lubang speaker tanpa audio jack 3,5mm (bawah), tombol power (kanan), serta tombol volume (kiri).

Kendati demikian, belum bisa dipastikan apakah rancangan ponsel yang dipatenkan ini bakal diwujudkan dalam sebuah produk atau tidak. Belum tentu pula ia merupakan desain dari perangkat penerus Oppo Find X yang diluncurkan sekitar 2018 lalu atau bukan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/21/11090087/oppo-patenkan-kamera-belakang-berbentuk-unik-untuk-find-x2-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke