Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Pastikan Layar Find X2 Setara Ponsel Gaming

Beberapa waktu sebelumnya, sejumlah rumor mengatakan bahwa penerus Oppo Find X ini akan dibekali layar beresolusi QHD Plus (3.168 x 1.440) dengan refresh rate 120 Hz.

Rumor ini akhirnya terjawab. Oppo memastikan bahwa Find X2 memang benar akan menggunakan layar dengan refresh rate 120 Hz yang setara dengan ponsel gaming.

Kabar tersebut diungkap oleh Vice President Oppo, Brian Shen lewat akun media sosial Weibo. Informasi itu pun dibenarkan oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

"Brian Shen mengemukakan bahwa Find X2 akan membawa layar 2K dengan resfresh rate 120 Hz dan bersanding dengan teknologi pengecasan cepat SuperVOOC 65 watt," kata Aryo.

Menurut analis teknologi layar dari IHS Markit, Jerry Kang, angka refresh rate 120 Hz mengacu pada berapa kali tampilan layar "berkedip" atau me-refresh dalam satu detik. Hal ini memang sulit ditangkap oleh mata manusia.

Namun efeknya, visual gerakan di dalam layar menjadi lebih halus. Memang, perbedaan dengan refresh rate yang lebih rendah tidak terlalu signifikan.

Akan tetapi, manfaat penggunaan layar refresh rate 120 Hz akan terasa saat bermain game atau menonton konten video yang membutuhkan frame rate tinggi. Sebagai perbandingan, rata-rata smartphone Android saat ini memiliki refresh rate 60 Hz saja.

Belum bisa dipastikan, apakah refresh rate ini bisa diatur secara manual dengan memilih opsi di menu "pengaturan" atau tidak, seperti rumor yang beredar sebelumnya.

Peningkatan refesh rate juga disebut akan membawa dampak ke konsumsi baterai yang lebih besar.

Untuk mengakalinya, Oppo akan membekali Find X2 dengan pengisi daya super cepat SuperVOOC 65 watt.

"Sistem antarmuka ColorOS terbaru di perangkat ini akan memiliki fitur manajemen pengaturan daya yang lebih baik dari sebelumnya, dan juga seperti dikonfirmasi VP kami, Find X2 akan membawa pengecasan SuperVOOC 65 watt yang dapat mengisi penuh perangkat dalam waktu 30 menit," kata Aryo.

Melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (31/1/2020) Aryo juga mengatakan bahwa Oppo Find X2 akan menjadi salah satu perangkat menarik yang hadir di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona akhir Februari mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2020/01/31/18090017/oppo-pastikan-layar-find-x2-setara-ponsel-gaming

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke