Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah 10 YouTuber Gaming Terkaya di Dunia

KOMPAS.com - Hobi yang menghasilkan pundi pundi rupiah. Itulah impian sebagian besar orang yang gemar bermain game untuk sekadar mengisi waktu luang.

Itu pula yang dilakukan oleh sejumlah YouTuber yang membuat aneka konten gaming di kanal mereka masing-masing, sebut saja channel Youtube dengan nama PewDiePie, Markiplier, VanossGaming, hingga Jacksepticeye.

Sejumlah YouTuber gaming ini bisa dengan mudah mendapatkan uang hanya sekadar bermain game saja. 

Selain membuat video untuk kebutuhan kanal YouTube, beberapa YouTuber ini juga mendapatkan penghasilan ekstra dari kerja sama yang digadang dengan sejumlah platform streaming game seperti Twitch atau Mixer. 

Belum lagi, ada pendapatan tambahan yang bersumber dari perusahaan yang "memanfaatkan" popularitas para YouTuber untuk kepentingan iklan atau endorse.

Nah, berikut ini adalah daftar 10 YouTuber gaming terkaya di dunia yang berhasil meraup pendapatan hingga lebih dari puluhan miliar rupiah di 2019, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Senin (3/2/2020).

1. Ninja (Tyler Blevins)

Di posisi pertama adalah YouTuber kenamaan,Ninja. Pemilik nama asli Tyler Blevins ini berhasil mencetak pendapatan sekitar 17 juta dollar AS (Rp 233 miliar) pada tahun 2019 lalu.

Pria berumur 28 tahun ini merupakan seorang YouTuber yang kerap mengunggah konten saat bermain game battle royale besutan Epic Games, Fortnite.

Saat ini, kanal YouTube milik Tyler yang identik dengan karakter dengan rambut berwarna toska dan berbaju biru itu, telah berhasil menggaet sekitar 22,7 juta pelanggan (subscriber).

2. PewDiePie (Felix Kjellberg)

Di kanal YouTube-nya, ia kerap memainkan beragam game unik dan baru. Pria berumur 30 tahun ini juga sempat membuat konten game Minecraft secara rutin.

Selain game, Felix juga membuat sejumlah konten komedi dan mengulas aneka lelucon di internet atau biasa disebut "meme".

Kini, Felix memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia Youtube lewat video terakhirnya yang berjudul "It's been real, but I'm out!" yang diunggah pada 16 Januari lalu.

Kanal PewDiePie sendiri memiliki 103 juta pelanggan dan ini menjadikannya sebagai Youtuber individu yang memiliki subscriber terbanyak di Youtube.

3. Preston (Preston Arsement)

Kanal Preston yang dimiliki oleh gamer bernama Preston Arsement ini berhasil meraup sekitar 14 juta dollar AS (Rp 192 miliar) di 2019.

Pria berumur 25 tahun ini merupakan Youtuber yang kerap membuat konten game Minecraft. Selain itu, ia juga membuat aneka vlog, konten komedi, hingga video usil atau prank.

Channel Youtube-nya sendiri kini telah digandrungi oleh 11,5 juta subscriber.

4. Markiplier (Mark Fischbach)

Selanjutnya, Mark Fischbach selaku pemilik channel YouTube Markiplier berhasil mencatat pendapatan sekitar 14 juta dollar AS (Rp 192 miliar) pada tahun lalu.

YouTuber berumur 30 tahun ini mengisi kanal akunnya dengan beragam konten gaming terutama genre horror, diselingi dengan beberapa video bernuansa komedi dan animasi. 

Saat ini, jumlah subscriber di channelnya telah mencapai 24,9 juta. 

5. Shroud (Michael Grzesiek)

Pemain profesional Counter-Strike: Global Offensive, Michael Grzesiek, atau yang lebih dikenal dengan nama Shroud, berhasil meraup sekitar 12,5 juta dollar AS (Rp 171 miliar) di 2019.

Di kanal Youtube-nya, ia biasanya membuat konten aneka game yang bertemakan perang, seperti Player Unknown's Battleground (PUBG), Apex Legends, Halo, Call of Duty: Modern Warfare, hingga Tom Clancy's: Rainbow Six Siege.

Kanalnya Youtube pria berumur 25 tahun itu saat ini tercatat sudah memiliki 5,72 juta subscriber.

6. DanTDM (Daniel Middleton)

Kanal Youtube DanTDM sukses menghasilkan duit sebanyak 12 juta dollar AS (Rp 164 miliar) sepanjang tahun 2019.

Daniel Middleton yang berumur 28 tahun ini terkenal di YouTube karena ia biasanya memainkan beragam game unik, terutama Minecraft.

Hingga kini, jumlah subscribers kanal Daniel sudah mencapai 22,4 juta.

7. VanossGaming (Evan Fong)

Evan Fong, atau lebih dikenal dengan kanal VanossGaming, mencatat pendapatan sekitar 11,5 juta dollar AS (Rp 157 miliar) di tahun 2019. 

Ada beberapa game yang ia mainkan dan dijadikan konten di kanalnya. Beberapa di antaranya seperti Grand Theft Auto V (GTA V), Garry's Mod, hingga beragam game franchise Call of Duty.

Adapun jumlah subscriber pria berumur 27 tahun ini telah mencapai 24,9 juta.

8. Jacksepticeye (Sean McLoughlin)

Youtuber dengan nama asli Sean McLoughlin ini tercatat memiliki penghasilan 11 juta dollar AS (Rp 151 miliar) di tahun 2019.

McLoughlin, yang disebut-sebut sebagai YouTuber asal Irlandia paling populer, kerap membuat beragam konten dari beberapa game yang terbilang cukup bervariasi.

Kanal Youtube pria berumur 27 tahun ini telah sukses menarik minat para 23,2 juta subscriber.

9. TimTheTatman (Timothy Betar)

Timothy Betar selaku pemilik kanal Youtube TimTheTatman sukses meraup duit sekitar 8 juta dollar AS (Rp 109 miliar) di 2019.

Pria yang identik dengan jenggot panjangnya ini kerap memainkan beragam game populer, seperti Fortnite, GTA V, Call of Duty: Modern Warfare, Sea of Thieves, hingga Apex Legends.

Timothy yang kini berumur 29 tahun mampu mendapatkan 1,83 juta subscribers di kanal Youtube-nya.

10. Nickmercs (Nick Kolcheff)

Terakhir ada Nick Kolcheff yang biasa dikenal dengan kanal Nickmercs. Ia adalah Youtuber Fortnite yang berpenghasilan 6 juta dollar AS (Rp 82,4 miliar) di 2019.

Keunikan yang dimiliki oleh pria berumur 29 tahun ini adalah bermain Fortnite menggunakan controller yang dianggap lebih sulit dibanding memainkan game tersebut menggunakan mouse dan keyboard.

Skill yang dimilikinya ini bisa dibilang mampu membuat 1,98 juta orang berlangganan kanalnya. 

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/05/11180067/inilah-10-youtuber-gaming-terkaya-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke