Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Target Indonesia Merdeka Sinyal 2020 Dihapus, Jadi Program Berkelanjutan

Hal itu disampaikan Menkominfo Johnny Plate pada rapat dengar pendapat bersama Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Program Indonesia Merdeka Sinyal awalnya dicanangkan untuk membangun jaringan tulang punggung serta optik nasional yang menghubungkan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang kini diklaim telah tersebar.

Namun, Merdeka Sinyal 2020 yang dibuat melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo, hanya memiliki tujuan penyebaran sinyal untuk layanan telekomunikasi seperti SMS dan telepon, bukan kepada lancarnya akses internet.

Menurut Johnny, angka 2020 dihapuskan karena sebenarnya tujuan pemerintah telah tercapai apabila berpatok pada aksesibilitas penyebaran pembangunan menara BTS (base transceiver station) di berbagai kabupaten di Indonesia.

"Pemerintah, saya (sebagai pemerintah), tentu mengusulkan merdeka sinyal menjadi perjuangan bersama kita. Tahun 2020 yang membatasi satu kurun waktu [itu], kita hapus," ujar Menkominfo Johnny Plate saat rapat kerja dengan Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Sehingga dengan penghapusan '2020' dalam program itu, pemerintah akan terus mengusahakan menghadirkan sinyal di berbagai pelosok Indonesia lewat pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang dilakukan secara berkelanjutan.

Nantinya, pemerintah akan melanjutkan penyebaran BTS hingga sampai pada area terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dengan infrastruktur telekomunikasi mulai dari BTS USO, hingga kabel serat optik Palapa Ring.

Program merdeka sinyal sendiri dikatakan Johnny Plate tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, melainkan hanya target Kemenkominfo saja.

Johnny pun ingin pembangunan BTS di daerah 3T tersebut juga tidak dibatasi oleh RPJMN 2020-2024.

"Kini usaha kita untuk memerdekakan sinyal yang tidak saja di kabupaten, tapi sampai di wilayah terdekat masyarakat secara kontinyu dan terus-menerus, yang tidak terbatas hanya sampai tahun 2024, tapi beyond 2024," kata Johnny.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/05/18163247/target-indonesia-merdeka-sinyal-2020-dihapus-jadi-program-berkelanjutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke