Salin Artikel

Ulang Tahun Ke-15, Google Maps Dapat Hadiah Ikon dan Fitur Baru

Ikon aplikasi peta itu tak lagi berupa potongan peta dengan persimpangan jalan berwarna kuning, pointer lokasi merah, dan huruf "G".

Google Maps kini diwakili ikon berbentuk lebih sederhana, hanya pointer dengan warna hijau, merah, biru, dan kuning.

Di samping ikon, ada fitur baru berupa informasi yang lebih lengkap tentang moda angkutan umum (transit) yang akan dinaiki, seperti suhu, aksesibilitas kursi roda, dan apakah ada gerbong khusus perempuan.

Selain itu, fitur baru lainnya adalah Live View berbasis augmented reality yang lebih ringan dengan hanya menampilkan lokasi tujuan, tanpa menyodorkan navigasi turn-by-turn 3D yang sebelumnya tersedia.

Bagian tabs ikut dirombak dengan adanya dua tab baru bernama "contribute" dan "updates" di bagian bawah tampilan aplikasi. Tab "for you" juga digantikan dengan tab "saved".

Alasan Google merombak tampilan Maps, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (7/2/2020), adalah agar aplikasi tersebut lebih mengedepankan konten yang berasal dari kontribusi pengguna.

Dengan adanya dua tab baru itu, pengguna akan lebih dimudahkan dalam memberi kontribusi tanpa harus membuka menu lain terlebih dahulu.

Ikon dan tab baru di Google Maps sudah mulai digulirkan untuk aplikasinya di platform Android dan iOS. Namun, fitur informasi transit dan Live View baru akan menyusul disalurkan pada Maret mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/07/15070057/ulang-tahun-ke-15-google-maps-dapat-hadiah-ikon-dan-fitur-baru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.