Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Find X2 Bakal Gunakan Layar 120 Hz, Apa Fungsinya?

Penerus Find X ini bakal mengunggulkan sektor layar menggunakan layar 2K dengan refresh rate 120 Hz. Hal ini lagi-lagi didengungkan Vice President Oppo, Brian Shen di Twitternya baru-baru ini.

Refresh rate adalah spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) di layar berkedip (di-refresh) tiap detiknya. Menurut Jerry Kang dari IHS Markit, mata manusia memang tidak bisa menangkap dengan mudah.

Namun, layar biasanya berkedip 60 kali per detik yang diukur dengan satuan frame per second (fps). Angka fps menunjukan seberapa cepat prosesor grafis dapat memproses dan mengirimkan gambar individual ke layar.

Semakin banyak frame yang ditampilkan tiap detik akan membuat setiap gerakan antar-frame menjadi lebih halus. Perangkat juga terasa lebih responsif, karena bereaksi lebih cepat terhadap perintah yang diberikan pada layar.

Untuk menghasilkan visual terbaik, kecepatan refresh rate dan frame rate harus bekerja sama.
Contohnya bisa dirasakan saat menggulir layar ponsel.

Layar dengan fps lebih tinggi akan terasa lebih mulus dibanding dengan layar dengan fps lebih rendah yang kadang tersendat.

Pentingnya layar 120Hz bisa juga dirasakan saat bermain game. Video game yang berjalan di frame rate 120 fps pada layar 120Hz akan terasa lebih halus dibanding dengan game yang dijalankan di 60fps pada layar 60Hz.

HDR

Seperti yang disebutkan Shen, Oppo Find X2 juga akan dibekali layar HDR dengan tingkat pencerahan hingga 1.200 nits. HDR sendiri mengacu pada tiga faktor kunci, yakni tingkat kecerahan (brightness), warna, dan konten.

Tingkat kecerahan berarti semakin cerah akan semakin baik, kemudian warna merujuk pada bit rate pada warna. Layar HDR akan membuat konten HDR akan semakin tajam dari segi kecerahan dan warna.

Fitur ini akan menunjang kualitas visual yang ditampilkan layar. Hasilnya akan bisa dirasakan saat menikmati konten video dan game.

Oppo Find X2 akan diotaki chipset terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 865 yang mendukung warna 10 bit. Sehingga, flagship ini nantinya akan menggunakan HDR10, sebagaimana keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (11/2/2020).

HDR10 merupakan format paling populer yang bisa meningkatkan kedalaman warna format media menjadi 10-bit RGB untuk konten HDR.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/11/13150057/oppo-find-x2-bakal-gunakan-layar-120-hz-apa-fungsinya-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.