Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Bencana, Tri Siapkan Baterai dan Genset untuk BTS

Back-up power tersebut berupa baterai yang terpasang di 27.000 BTS milik Tri yang tersebar di wilayah Sumatera hingga Sulawesi. Apabila saluran listrik ke BTS terputus, baterai sanggup memberikan daya hingga sekitar 8 jam.

Selain itu, sebagian BTS tadi turut dibekali dengan genset yang bisa langsung menyala apabila listrik mati. Untuk BTS yang belum memiliki genset sendiri, Tri menyediakan genset portable yang bisa dipindah-pindah.

Operator seluler ini turut memasang teknologi Automatically Switched Optical Network (ASON) untuk memindahkan jalur jaringan secara otomatis jika terjadi gangguan.

“Jaringan Tri Indonesia dapat beroperasi lebih lama pada saat bencana alam atau situasi darurat lainnya seperti mati listrik atau gempa bumi, ” tutur Chief Technical Officer 3 Desmond Che, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/2/2020)

Soal daya cadangan, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah menambahkan bahwa genset sebagian besar dialokasikan untuk BTS di luar Pulau Jawa. "Sebab, kualitas listrik di Jawa lebih baik dari pulau-pulau lainnya," kata dia.

Jaringan Tri sendiri saat ini sudah menerapkan teknologi 4,5 G Pro dengan Masive MIMO 32T32R yang diklaim mampu menghasilkan kecepatan hingga 8 kali lebih tinggi dibandingkan saat 4G pertama kali diperkenalkan tahun 2016.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/12/15560067/antisipasi-bencana-tri-siapkan-baterai-dan-genset-untuk-bts

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke