Salin Artikel

Ada 1.000 "Wallpaper" Gratis dari Google Earth, Ini Cara Mendapatkannya

KOMPAS.com - Sejak lebih dari satu dekade lalu, Google memiliki sebuah galeri gambar yang berisi pemandangan dari seluruh pengujung dunia. Galeri tersebut dinamai dengan "Earth View" dan Anda bisa mengunduh aneka gambar dari sini secara cuma-cuma.

Menariknya, Earth View kini kedatangan sekitar 1.000 gambar pemandangan anyar yang menampilkan keindahan beragam tempat baru pula. Dengan demikian, stok gambar di Earth View telah mencapai lebih dari 2.500 buah.

Google mengklaim bawha ribuan gambar citra satelit yang telah dipoles sedemikian rupa ini telah ditingkatkan kualitasnya dan kini mendukung resolusi hingga 4K.

Perusahaan asal Mountain View, California, AS tersebut juga mengaku bahwa aneka gambar Earth View memang kerap dipakai sebagai latar gambar (wallpaper) atau screensaver di beragam perangkat.

Adapun citra satelit yang disimpan di Earth View terbilang cukup bervariasi, misalnya ada pemandangan bandara, perkebunan dan persawahan, pesisir pantai, dan masih banyak lagi.

Cara mengunduh wallpaper gratis dari Google Earth View

Nah, untuk menjadikan aneka gambar Earth View sebagai latar gambar perangkat, Anda sejatinya harus mengunduhnya terlebih dahulu di tautan berikut melalui peramban desktop (komputer).

Apabila sudah meng-klik tautan tadi, Anda bakal disodori dengan tampilan Google Earth yang dihiasi dengan sejumlah titik berwarna. 

Pilih satu titik yang ingin dikunjungi, misalnya satu titik di daerah Pulau Jawa seperti gambar di atas.

Selain memilih langsung titik yang mewakili kawasan, Anda juga bisa menyortir titik tersebut berdasarkan warnanya menggunakan slider yang terletak di bagian tengah bawah situs Earth View. 

Maksud warna di sini adalah profil warna dominan yang ditawarkan di dalam gambar tersebut. Jika gambar pemandangan dominan warna merah, misalnya, maka titik juga bakal berwarna merah.

Apapun caranya, setelah memilih titik di peta, Anda kemudian diperlihatkan pemandangan citra satelit dari daerah yang diwakili oleh titik tadi. 

Untuk mengunduh gambar tersebut, pilih tombol "Download" yang berada di bagian kanan atas tampilan.

Untuk kembali ke tampilan peta, Anda cukup meng-klik tombol "Show Map" di bagian tengah atas tampilan.

Uniknya, bagi Anda pengguna browser Google Chrome, Anda bisa memasang extension tambahan bernama "Earth View from Google Earth" untuk menikmati aneka gambar yang tersimpan di galeri Earth View secara random.

Gambar tersebut bakal ditampilkan setiap Anda membuka tab baru, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Google Blog, Minggu (16/2/2020).

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/16/10290097/ada-1000-wallpaper-gratis-dari-google-earth-ini-cara-mendapatkannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.