Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Rilis Aneka Game Ringan "GameSnack", Bisa Dimainkan lewat GoJek

Padahal jaringan internet yang pelan dan kemampuan perangkat yang rendah dapat menjadi faktor kendala dalam bermain game. Google tampaknya melihat celah dibalik situasi ini.

Raksasa internet tersebut membuat serangkaian game casual berbasis web yang ringan dan dapat dimainkan pada ponsel dengan spesifikasi rendah atau pada jaringan yang lemot sekalipun.

Aneka game itu terkumpul dalam sebuah platform bernama "GameSnack" yang dikembangkan oleh Lab 120, unit internal Google untuk proyek-proyek eksperimental.

Judul-judul game berbasis HTML5 dalam GameSnack khusus dirancang agar bisa dimuat dan mulai dimainkan dalam beberapa detik walaupun pengguna memakai koneksi internet lamban dengan kecepatan di bawah 1 Mbps.

"Misalnya Tower, salah satu judul GameSnack yang populer, bisa cepat dimainkan oleh perangkat dengan RAM 1 GB dan koneksi internet 3G," tulis Google dalam sebuah posting blog berisi pengumuman.

Google menyebutkan bahwa game lainnya yang berbasis web membutuhkan waku jauh lebih lama untuk loading, mencapai belasan detik.

Pengurangan waktu tunggu disebabkan karena GameSnacks dirancang dengan mengurangi ukuran halaman HTML yang dimuat pada browser dengan mengecilkan ukuran file game seperti gambar, dan suara.

Aneka game dalam GameSnack bisa dimainkan dengan mengunjungi situsnya lewat peramban, baik desktop (PC, laptop), maupun mobile (tablet, smartphone). Selain itu, khusus untuk Indonesia, permainan-permainan ini akan segera tersedia di GoJek lewat layanan GoGames.

"Melalui kemitraan (dengan GoJek), kami akan memberikan pengalaman game yang mudah diakses untuk para pengguna di Asia Tenggara, dimulai dari Indonesia," imbuh Google, sebagaimana diimpun KompasTekno dari Blog Google, Minggu (16/2/2020).

Saat ini GameSnacks memiliki sejumlah game yang telah tersedia seperti Bridge of Doom, Bubble Woods, Road Fury, Groovy Ski, Jump with Justin, dan Jewelish Blitz.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/16/15060087/google-rilis-aneka-game-ringan-gamesnack-bisa-dimainkan-lewat-gojek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke