Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dark Mode Lebih Dulu Hadir untuk Facebook Versi Lite

Apalagi sejak dirilisnya sistem operasi Android 10 dan iOS 13, fitur dark mode ini pun semakin banyak diadopsi oleh para pengembang aplikasi.

Sejak tahun 2017, Google telah merilis fitur mode gelap untuk aplikasi besutannya. Tak mau kalah, Facebook pun turut meluncurkan fitur dark mode pada beberapa aplikasi naungannya seperti Instagram dan Whatsapp.

Namun meski WhatsApp dan Instagram sudah lebih dulu punya mode gelap, Facebook justru baru saja menghadirkan dark mode pada aplikasi media sosial mereka. 

Namun Facebook tidak serta merta meluncurkan fitur tersebut pada aplikasi regulernya melainkan pada aplikasi Facebook Lite.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, mode gelap ini hadir pada Facebook Lite versi 185.0.0.6.118. Fitur ini akan secara otomatis dapat ditemukan pada menu "setelan" setelah pengguna melakukan pembaruan.

Untuk bisa mencobanya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh versi terbaru dari Facebook Lite.

Setelah diunduh, pengguna bisa langsung mencoba tampilan dark mode dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Untuk mengaktifkan dark mode, pengguna cukup menekan ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi Facebook Lite. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu dark mode.

Aktifkan tobol tersebut dan secara otomatis tampilan Facebook akan berubah menjadi gelap.

Fitur dark mode pada Facebook Lite ini akan membuat warna tampilan didominasi oleh abu-abu kehitaman sebagai warna background dan warna putih pada bagian teks.

Sementara warna merah pada menu tetap menjadi tanda adanya notifikasi yang belum dibuka oleh pengguna. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya bisa diaktifkan pada aplikasi Facebook Lite saja dan belum ada pada aplikasi Facebook reguler.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (17/2/2020) Facebook Lite sendiri merupakan aplikasi Facebook versi "ringan".

Facebook Lite memiliki fungsi-fungsi yang sama seperti pada Facebook regular.

Perbedaan terlihat pada ukuran Facebook Lite yang lebih ringan dan cocok digunakan untuk ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang minim.

Beberapa waktu lalu, Facbook pun merilis fitur dark mode untuk WhatsApp. Fitur tersebut hadir untuk WhatsApp versi Beta.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/17/19470017/dark-mode-lebih-dulu-hadir-untuk-facebook-versi-lite

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke