Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri Komputer Diprediksi Merosot Tajam karena Wabah Corona

Firma riset Canalys memprediksi pasaran PC akan mengalami penurunan tahun ini dibanding 2019 lalu. Besarnya tergantung dua kemungkinan skenario terbaik dan terburuk yang bisa terjadi menyangkut dampak wabah virus corona.

Berdasarkan skenario terbaiknya, tingkat produksi PC akan kembali ke kapasitas normal pada bulan April 2020. Pengiriman penjualan di kuartal-II ini akan menandai pertumbuhan yang signifikan.

Sedangkan, setelah pertumbuhannya mulai membaik, Canalys memperkirakan pada kuartal-III dan kuartal-IV 2020, pasar PC global akan kembali pulih dan normal. Dengan begitu, secara tahunan Canalys memprediksi pasar PC global akan pulih secara perlahan hingga 2021.

Pasar China diprediksi akan terkena dampak yang lebih buruk dibandingkan negara-negara lain, sebagai akibatwabah virus Covid-19 yang mempengaruhi permintaan, pasokan, produksi, logistik, dan pengiriman.

Skenario terburuk

Sedangkan untuk skenario terburuknya, Canalys memprediksi bahwa tingkat produksi PC diperkirakan tidak akan kembali ke produksi normal hingga akhir juni 2020. Pasar kemudian diprediksi pulih pada kuartal keempat 2020.

Dengan demikian, pengiriman pasar PC di seluruh dunia diperkirakan menurun dari tahun ke tahun selama tiga kuartal berturut-turut dengan penurunan 21 persen pada kuartal pertama.

Sementara pada kuartal-II pasar mengalami penurunan 23 persen dan pada kuartal-III akan ada penurunan enam persen. Kemudian di kuartal keempat akan ada pertumbuhan 13 persen karena pasar telah diprediksi stabil.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs Canalys (23/2/2020), pasar China diprediksi akan kesulitan apabila prediksi skenario terburuk ini sesuai dan benar benar terjadi.

Diperkirakan permintaan konsumen di luar China akan berkurang karena kurangnya pasokan PC dan suku cadang yang sedikit. Harga PC pun bisa makin mahal sehingga mempengaruhi minat konsumen.

Di China, pabrik komponen yang paling terdampak wabah virus corona adalah yang berlokasi di Wuhan dan sejumlah propinsi lain. Pabrik-pabrik belum beroperasi normal karena kekurangan tenaga kerja, lalu ada juga batasan kegiatan dari pemerintah.

Dari segi komponen, yang paling terpukul adalah manufaktur papan sirkuit (PCB). Canalys memprediksi pasokan PCB masih akan terbatas hingga dua kuartal ke depan. Produksi komponen lain seperti layar can memori ikut terpengaruh, tergantung lokasi pabriknya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/24/14420017/industri-komputer-diprediksi-merosot-tajam-karena-wabah-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke