Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Terbaik dan Smartfren Tercepat versi nPerf

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, perusahaan pembuat software pengukur kecepatan mobile internet, nPerf, rajin merilis laporan terkait hasil uji layanan internet lima operator seluler di Indonesia. 

Kini, nPerf kembali merilis riset bertajuk "Barometer of Mobile Internet Connections in Indonesia" untuk tahun 2019. Adapun data dalam riset tersebut dihasilkan dari 401.816 hasil pengujian yang dilakukan oleh para pengguna nPerf sepanjang tahun lalu.

Ada enam aspek yang diukur oleh nPerf, mencakup success ratio (angka sukses hasil pengujian), download bitrate (kecepatan unduh), upload bitrate (kecepatan unggah), latency (tingkat kestabilan internet), serta pengalaman browsing dan streaming YouTube.

Berdasarkan data nPerf, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler yang menawarkan performa internet terbaik secara keseluruhan, dengan nilai mencapai 35.499 poin.

Operator pelat merah tersebut dibuntuti dengan operator XL, Tri, Smartfren, dan IM3 Ooredoo, dengan masing-masing nilai keseluruhan 28.384, 23.190, 23.107, dan 19.839 poin. 

Meski Telkomsel unggul secara keseluruhan, Smartfren menjadi operator seluler yang memiliki kecepatan download rata-rata paling kencang, dengan angka 10,62 Mbps, sedikit unggul dari kecepatan download rata-rata Telkomsel dengan 9,96 Mbps. 

Kendati demikian, Smartfren harus rela memberikan mahkota di aspek kecepatan upload. Pasalnya, Telkomsel jauh lebih unggul dengan angka kecepatan unggah rata-rata di angka 7,89 Mbps, di mana Smartfren sendiri memiliki kecepatan upload 3,94 Mbps.

Adapun tingkat rata-rata performa browsing dinilai dari berapa lama sebuah situs dimuat, sementara performa streaming diambil dari berapa lama sebuah video di YouTube dimuat berikut kelancaran proses buffering.

Operator XL sendiri unggul di ranah tingkat kestabilan internet, dengan tingkat latency rata-rata 62 m/s.

Diketahui, latency rendah sejatinya dibutuhkan untuk bermain aneka game online, sehingga boleh dibilang XL cocok untuk para gamer mobile, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari nPerf.com, Rabu (26/2/2020).

Untuk informasi lebih lengkap terkait laporan nPerf bisa disimak di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/26/14190047/telkomsel-terbaik-dan-smartfren-tercepat-versi-nperf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke