Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Tercepat dan Smartfren Terluas Versi OpenSignal

KOMPAS.com - Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler dengan kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) paling ngebut di Indonesia.

Demikian disimpulkan dalam sebuah riset bertajuk "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019" yang digadang perusahaan riset jaringan mobile Open Signal untuk wilayah Indonesia.

Berdasarkan riset tersebut, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan download rata-rata 12 Mbps, lebih tinggi dibanding XL, Indosat, Tri (3), dan Smartfren dengan rata-rata kecepatan unduh masing-masing di angka 8,7 Mbps, 6,6 Mbps, 6,5 Mbps, dan 4,7 Mbps.

Meski tertinggi, peningkatan kecepatan download Telkomsel selama enam bulan terakhir (23 persen) sejatinya masih kalah dengan pertumbuhan yang dicapai oleh Indosat dan Tri.

"Skor Indosat melompat hampir 37 persen, sedangkan kecepatan pengguna Tri melaju hingga lebih dari 26 persen," kata analis OpenSignal, Peter Boyland, seperti dikutip KompasTekno dari OpenSignal, Jumat (28/2/2020).

Sementara untuk rata-rata kecepatan upload, operator pelat merah itu masih unggul dengan 5,4 Mbps, diikuti oleh XL (4,5 Mbps), Tri (4,0 Mbps), Indosat (3,6 Mbps), dan Smartfren (1,4 Mbps).

Meski tampak paling bontot di aspek rata-rata kecepatan download dan upload, Smartfren ternyata lebih unggul dalam ketersediaan 4G dibanding Tri, XL, Telkomsel, dan Indosat.

Adapun ketersediaan 4G Smartfren sudah mencapai 96,4 persen, di mana keempat operator seluler yang tadi disebutkan masing-masing memiliki ketersediaan 90,9 persen, 87 persen, 86,7 persen, dan 86,3 persen.

Menurut pihak OpenSignal, hal ini disebabkan oleh Smartfren yang mematikan jaringan 3G mereka pada 2017 lalu, sehingga kini operator seluler anak perusahaan Sinar Mas Group itu hanya memiliki jaringan 4G saja.

Sebagai informasi, beragam data yang dipaparkan tadi telah dikumpulkan OpenSignal sejak 1 Agustus hingga 29 Oktober 2019.

Untuk menghitung pengalaman serta performa internet kelima operator seluler Tanah Air secara merata, OpenSignal menguji sekitar 1.854.821 perangkat yang tersebar di 24 kota besar di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/28/12480007/telkomsel-tercepat-dan-smartfren-terluas-versi-opensignal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke