Salin Artikel

Google Boyong Speaker Pintar Nest Mini 2 ke Indonesia

Perangkat ini merupakan smart speaker Google pertama yang resmi di tanah air dan sekaligus menjadi Nest Mini pertama di Asia Tenggara yang diluncurkan dengan bahasa lokal (Indonesia).

Di Indonesia, Nest Mini dijual dengan harga ritel Rp 925.000. Ada dua varian warna yang dapat dipilih, Chalk dan Charcoal.

Nest Mini dapat dibeli mulai hari ini, Jumat (28/2/2020) di gerai Erafone dan Urban Republic di seluruh Indonesia, serta eraspace.com, dan official store Google di Tokopedia.

Erajaya menawarkan harga spesial peluncuran, Rp 799.000. Jika pengguna bisa mendapatkan potongan harga tambahan hingga Rp 200.000 jika menggunakan opsi pembayaran tertentu.

Secara desain, Nest Mini mirip speaker bluetooth konvensional, hanya saja speaker ini lebih "pintar" lantaran dibekali dengan fitur Google Assistant.

Dengan adanya asisten digital ini, perangkat bisa menerima perintah pengguna jika mereka ingin mengontrol perangkat pintar yang ada di sekeliling rumahnya, seperti TV, bluetooth speaker, smart bulb, hingga beragam perabot pintar yang terhubung dengan aplikasi Google Home.

Untuk menerima perintah suara pengguna dengan jelas, speaker ini dibekali dengan tiga mikrofon. Keluaran suara dilengkapi dengan fitur bass yang diklaim 2 kali lebih mumpuni dibanding Nest Mini generasi pertama.

Karena bentuknya ringkas, Google mengklaim Nest Mini bisa diletakkan di seluruh pengujung rumah.

Nest Mini yang diluncurkan di Tanah Air sendiri sudah mendukung bahasa Indonesia. Artinya, sang speaker tersebut bisa menerima perintah pengguna dalam bahasa Indonesia dan lantas meresponnya dengan bahasa Indonesia pula.

"Nest Mini kini mengerti bahasa Indonesia sehingga menjadi lebih relevan jika digunakan di Indonesia," ujar Mickey Kim, Director of APAC Business Google Hardware, di acara peluncuran Nest Mini yang digelar Google, Erajaya, dan Tokopedia di Mal Central Park, Jumat siang.

Bisa mengenal suara pengguna dan setel musik

Nest Mini juga mendukung fitur Voice Match yang memungkinkan sang speaker pintar mengenali suara pengguna hingga maksimal lima orang. Hal ini memungkinkan seluruh perintah yang dilontarkan bisa dicocokkan dengan respon Nest Mini.

Misalnya, jika Anda seorang pria dan memerintahkan Nest Mini untuk merayu Anda, maka speaker tersebut bakal membalasnya dengan nada rayuan yang relevan.

Selain menerima input suara, speaker pintar ini juga sejatinya dapat dipakai untuk memutar musik dan video dari beragam platform, seperti YouTube Music, Spotify, Joox (akan segera hadir), Netflix, hingga YouTube.

"Dengan Google Nest Mini, Anda bisa memerintahnya untuk memainkan video favorit, baik dari YouTube, Netflix, Chromecast, Android TV, atau TV yang dibekali dengan Chromecast," jelas Kim.

Untuk aspek konektivitas, Nest Mini mendukung fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac serta Bluetooth versi 5.0.

Pengaturan Nest Mini untuk pertama kali sendiri membutuhkan aplikasi Google Home versi 2.14.50.11 (Android) atau 2.14.510 (iOS), akun Google, serta jaringan Wi-Fi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/28/18430017/google-boyong-speaker-pintar-nest-mini-2-ke-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.