Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Penipuan, GoJek Sediakan 3 Fitur Penjaga Keamanan

Tiga fitur baru dimaksud terdiri dari fitur penyamaran nomor telepon, intervensi chat, dan tombol darurat yang terhubung dengan Unit Darurat Gojek yang aktif selama 24 jam.

Ketiganya adalah bagian dari Gojek Shield, teknologi perlindungan untuk menjaga keamanan seluruh pihak dalam ekosistem GoJek, termasuk pelanggan dan pengemudi. 

CEO Gojek, Kevin Alluwi mengklaim bahwa Shield mampu mencegah dan menindak setiap perilaku mencurigakan yang terjadi pada platform Gojek.

Kevin menjelaskan, sistem terbarunya ini telah berhasil beberapa kali membantu Gojek mengungkap sindikat kriminal pelaku order fiktif yang bekerja menggunakan aplikasi pemalsu lokasi GPS dan aplikasi modifikasi.

"Di Singapura, sistem kami mendeteksi dan melakukan suspend kepada 120 mitra driver yang menggunakan aplikasi modifikasi," ujarnya.

Di Indonesia pun, Gojek mengatakan juga berhasil memberikan bukti order fiktif yang terdeteksi dari sistem kepada pihak kepolisian di wilayah Jakarta, Semarang dan Malang.

Selain tiga fitur tersebut, Gojek juga menerapkan langkah-langkah pencegahan melalui program proteksi Gojek, dengan memberikan pelatihan kepada para mitra driver.

Pelatihan-pelatihan itu seperti pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), pelatihan anti-kekerasan seksual, serta keselamatan berkendara.

Khusus pelatihan keselamatan berkendara, Gojek telah memberikan pelatihan kepada mitra driver di seluruh kota operasional utama yang tersebar di 17 provinsi.

Program proteksi Gojek juga dilengkapi dengan jaminan perlindungan asuransi, antara lain asuransi perjalanan di GoCar dan GoRide, asuransi kehilangan dan kerusakan barang untuk layanan logistik GoSend dan GoBox, serta asuransi layanan GoLife.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/28/19160037/cegah-penipuan-gojek-sediakan-3-fitur-penjaga-keamanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke