Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Reddit: Jangan Pakai TikTok, Itu Parasit dan Alat Pengintai

Steve Huffman, CEO forum online Reddit, misalnya, menyebut TikTok sebagai "parasit" dan "aplikasi mata-mata" alias spyware yang selalu memantau penggunanya dengan menandai perangkat (fingerprinting).

"(Aplikasi TikTok) Selalu menguping, teknologi fingerprinting yang mereka gunakan sangat menakutkan. Saya tak mau memasang aplikasi macam demikian di ponsel saya," ujar Huffman dalam konferensi venture capital Social 2030, pekan lalu.

"Saya selalu bilang ke orang-orang, 'Jangan pasang spyware itu (aplikasi TikTok) di ponsel Anda'," lanjut Huffman, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (1/3/2020).

Mendengar tudingan keras Huffman, TikTok pun tak tinggal diam. Seorang juru bicara TikTok menyampaikan bantahannya.  "Ini adalah tudingan tak berdasar yang diutarakan tanpa bukti apapun," ujarnya berkelit.

"Fingerprinting" seperti yang dimaksud Huffman adalah pelacakan berbasis audio dan browser untuk mengetahui pengguna mana saja yang menonton dan membagikan sebuah video, baik lewat aplikasi TikTok maupun situs web.

Byte Dance selaku pemilik TikTok mengatakan bahwa fingerprinting bertujuan mendeteksi program jahat yang menyelinap di browser. Namun, seorang peneliti keamanan menemukan situs TikTok masih bisa berjalan lancar meskipun script pelacakan dimatikan.

Selain Reddit, raksasa media sosial AS, Facebook, ikut menyuarakan kekhawatirannya soal TikTok lewat COO Sheryl Sandberg yang menyoroti negara asalnya (China).

"Kalau orang-orang concern soal data, saya pikir ada banyak hal yang mesti dikhawatirkan," kata Sandberg.

Perlu ditambahkan bahwa Facebook pun memiliki masalahnya sendiri terkait data dan privasi, seperti dalam skandal Cambridge Analytica tahun 2018 yang membocorkan data pribadi milik puluhan juta pengguna Facebook.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/01/08480067/bos-reddit-jangan-pakai-tiktok-itu-parasit-dan-alat-pengintai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke