Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampilan Facebook Messenger Kini Lebih Ringkas

KOMPAS.com - Pada 2018 lalu, Facebook mengumumkan rencana untuk merombak tampilan aplikasi Messenger dengan desain yang lebih sederhana. Kini, rencana tersebut agaknya menjadi kenyataan.

Pasalnya, baru-baru ini Facebook dikabarkan tengah memangkas tab "Discover" dan fitur Chatbot di dalam aplikasi percakapan tersebut.

Pantauan KompasTekno, Senin (2/3/2020), aplikasi Messenger kami ternyata sudah mendapatkan pembaruan (update) dan tab "Discover" tampak hilang dari aplikasi.

Walhasil, tampilan aplikasi tersebut kini tampak lebih ringkas lantaran pengguna kini hanya akan menemukan dua tab di aplikasi Messenger, yakni "Chats" dan "People".

Lebih detail, tampilan "Chats" kini tampak tak dihiasi dengan fitur chatbot dan hanya menampilkan daftar pengguna Messenger lain yang sudah bercakap dengan pengguna, berikut deretan postingan "Facebook Stories" di posisi teratas. 

Sementara tab "People" kini bisa digunakan untuk melihat postingan "Facebook Stories" yang diunggah kerabat, serta menampilkan daftar teman yang sedang online di aplikasi Messenger.

Diketahui, tab "Discover" sendiri, yang tadinya diletakkan di sebelah kanan tab "People", berisi fitur "Businesses", sebuah halaman yang merangkum beberapa akun Facebook resmi dari para pemilik bisnis.

Adapun akun bisnis yang terangkum di dalam tab tersebut biasanya dioperasikan oleh chatbot. Selain "Businesses", ada pula tab "Games" yang menampilkan aneka game Facebook yang bisa dimainkan langsung di dalam aplikasi.

Lantas, kemana perginya kedua fitur tersebut? Bagaimana jika pengguna ingin mengaksesnya?

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (3/3/2020), aneka fitur di dalam tab "Discover" bisa diakses lewat Facebook versi web.

Fitur "Games" misalnya, bisa diakses melalui menu "Gaming" di dalam situs Facebook. Lalu, fitur "Businesses" bisa diakses lewat mesin pencari di jejaring sosial tersebut, dengan mengetikkan nama bisnis terkait untuk mencari halaman resminya.

Fitur chatbot sendiri tidak "dilenyapkan" dan bisa digunakan ketika pengguna mengaksesnya lewat alamat URL, atau kode QR yang mewakili halaman bisnis terkait di Facebook. 

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi aplikasi Messenger tanpa tab "Discover", ada baiknya untuk memperbarui aplikasi chatting ini di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/03/09050057/tampilan-facebook-messenger-kini-lebih-ringkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke