Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konferensi Fisik Google I/O Bulan Mei Dibatalkan karena Wabah Covid-19

Google I/O awalnya dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12-14 Mei 2020 mendatang.

"Karena kekhawatiran tentang virus Corona (Covid-19) dan atas arahan dari CDC, WHO, dan otoritas kesehatan lainnya, kami memutuskan untuk membatalkan acara fisik Google I/O di Shoreline Amphitheatre," jelas perwakilan Google.

Tidak hanya Google I/O, hajatan besar Google lainnya, yakni Cloud Next yang digelar di San Francisco, juga batal karena alasan yang sama. Google I/O menjadi salah satu agenda penting bagi Google tiap tahun.

Pada 2019, Google I/O dihadiri oleh 7.000 peserta. Di acara ini, biasanya perusahaan search engine itu memperkenalkan Android terbaru untuk pertama kalinya dan apa saja fitur yang dibawa. 

Android 11 kabarnya akan diperkenalkan pertama kali di Google I/O 2020. Google juga rajin memperkenalkan beberapa hardware baru dan pembaruan di beberapa aplikasi besutannya, seperti Google Maps, Gmail, dan sebagainya di panggung I/O.

Beberapa aplikasi dan perangkat Google juga lahir di acara ini, seperti Google Assistant, speaker pintar Google Home, dan Google Glass.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (4/3/2020), Google mengatakan akan mencari "cara lain" agar tetap bisa terhubung dengan para komunitas developer, mungkin secara online atau virtual.

Dikarenakan acara ini tidak gratis, Google menjanjikan refund tiket secara penuh pada 13 Maret mendatang.

Google I/O menjadi acara teknologi "korban" terbaru virus corona. Sebelumnya, Mobile World Congress yang sedianya berlangsung akhir 24-27 Februari lalu juga dibatalkan setelah para peserta besarnya mundur satu per satu, seperti Vivo, Amazon, dan Nokia.

Begitu pula halnya dengan acara konferensi internasional Facebook, F8 Conference yang seharusnya berlangsung tanggal 5-6 Mei 2020. Sebagai gantinya, Facebook berencana menggelar acara secara lokal dan menyiarkannya secara live streaming.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/04/07570057/konferensi-fisik-google-i-o-bulan-mei-dibatalkan-karena-wabah-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke