Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Huawei Siapkan Mesin Pencari Pesaing Google

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Huawei, tengah menyiapkan sebuah aplikasi mesin pencari (search engine) pesaing Google. Mesin pencari bernama Huawei Search ini dibuat untuk menggantikan fungsi Google Search pada ponsel buatan Huawei. 

Keberadaan Huawei Search pertama kali dilaporkan pengguna Reddit bernama /u/beingnull. Menurutnya, Huawei tengah merekrut pengguna di Uni Emirat Arab untuk mencoba aplikasi tersebut.

Huawei Search sendiri diuji coba kepada pengguna di Uni Emirat Arab (UEA) sejak akhir Februari lalu. Berbeda dengan Google Search, hasil pencarian dari Huawei Search tampak lebih sederhana. 

Huawei Search menampilkan hasil pencarian untuk web, video, artikel berita, serta gambar. Selain itu ada pula sejumlah fitur untuk melihat prakiraan cuaca, kalkulator, berita olahraga, hingga alat konversi unit. 

Untuk melihat kondisi cuaca terkini, Huawei Search akan memunculkan kondisi cuaca selama 24 jam yang didukung oleh Huafeng AccuWeather, yaitu sebuah perusahaan yang sumber datanya berasal dari Badan Meteorologi China.

Selain itu, hasil pencarian dari Huawei Search pun berbeda dengan hasil dari pencarian Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo, Ask, hingga AOL. 

Artinya, ada kemungkinan bahwa Huawei menggunakan mesin miliknya sendiri, bukan dari pihak ketiga.

Huawei Search juga memiliki fitur terkini yakni dark mode alias mode gelap, serta dan opsi untuk mengaktifkan pencarian aman (safe search).

Dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (4/3/2020), Huawei Search diketahui
dioperasikan oleh anak perusahaan Huawei yang berbasis di Irlandia yakni Aspigel Limited.

Meski masih dalam tahap uji coba, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Huawei Search ini dapat menjadi pesaing pendahulunya yaitu Google atau Microsoft Bing.

Kehadiran mesin pencari buatan Huawei ini bukan tanpa alasan.

Pasalnya, sejak namanya masuk dalam daftar hitam AS yang bernama pada 2019 lalu, ponsel-ponsel baru Huawei tidak dapat menggunakan layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Google Play.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/04/16020017/huawei-siapkan-mesin-pencari-pesaing-google

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke