Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wabah Corona Bikin 5 Pabrik Kamera Canon di Jepang Berhenti Produksi

KOMPAS.com - Canon menutup sementara lima pabriknya di Jepang, tepatnya yang berada di Pulau Kyusshu. Hal itu dikarenakan terhentiknya pasokan bahan baku akibat wabah virus corona.

Canon masih mengandalkan bahan baku kamera dan peralatan fotografi lain dari pabrik pemasok komponen di China. Seperti diketahui, di negara tersebut, banyak pabrik yang menghentikan produksinya akibat wabah corona.

Kelima pabrik kamera Canon itu terletak di prefektur Oita, Miyazaki dan Nagasaki. Pneutupan akan berlangsung antara 2 hingga 13 Maret 2020.

Canon akan mengejar keterlambatan produksi akibat penutupan pabrik ini saat kiriman pasokan bahan baku sudah kembali normal.

Dirangkum KompasTekno dari DPReview  (4/3/2020), pihak Canon belum memberikan penjelasan lebih lanjut akan penutupan kelima pabrik kamera.

Selain Canon, beberapa pabrik teknologi telah melakukan penghentian produksi, juga akibat virus corona, seperti pabrik layar LG di wilayah Korea Selatan, yang juga memasok komponen kamera untuk iPhone.

Tak hanya pabrik-pabrik teknologi saja yang lumpuh karena virus corona, sejumlah event teknologi internasional pun dibatalkan. Termasuk pameran telekomunikasi MWC 2020, pameran fotografi CP+ 2020, hingga konferensi developer Facebook F8.

Awalnya virus corona diklaim berasal dari sebuah pasar seafood di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kemungkinan penyebaran virus dimulai sejak awal Desember 2019, bahkan sejak akhir November 2019. 

Kini wabah virus tersebut telah menyebar ke berbagai wilayah negara di dunia. Meskipun banyak orang yang terinfeksi, namun jumlah pasien yang sembuh dari virus itu juga terus mengalami peningkatan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/04/16420087/wabah-corona-bikin-5-pabrik-kamera-canon-di-jepang-berhenti-produksi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke