Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kartu MicroSD yang Disarankan Samsung untuk Galaxy S20

Bagi yang merasa penyimpanan internal itu kurang, mereka bisa menggunakan kartu microSD. Kapasitas microSD yang bisa ditampung di trio ponsel Galaxy S20 itu sendiri mencapai 1 terabyte.

Meski mendukung semua microSD, tetapi Samsung menyarankan spesifikasi microSD khusus untuk dipasangkan dengan Galaxy S20 series.

"Minimal kartu micro SD 'UHS-1', (spesifikasinya) di atas tipe 'Class 10'," ujar Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, di sela peluncuran Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Pengguna sebenarnya bisa memakai kartu microSD yang kualitasnya di bawah UHS-1, seperti Class 3 atau Class 10. Hanya saja, performa transfer data dibilang lebih lambat ketimbang UHS-1.

Adapun kartu micro SD dengan jenis UHS-1 memiliki kapasitas bandwidth mencapai 104 Mbps.

Video 8K tak bisa direkam di Micro SD

Selain itu, Taufiq juga memastikan bahwa kartu microSD hanya mampu merekam video dengan kualitas maksimal di 4K. Untuk perekaman video 8K, Galaxy S20 series bakal menggunakam media penyimpanan internal.

Kendati demikian, video 8K yang direkam tadi kemudian bisa dipindah ke micro SD dan diputar dari penyimpanan itu.

"(Micro SD) itu bisa merekam sampai 4K dan langsung disimpan. Tapi untuk 8K, itu kami pastikan akan ke (penyimpanan) internal saja, baru nanti dipindahkan datanya ke microSD," kata Taufiq.

Di atas kertas, teknologi UFS 3.1 sendiri memiliki kecepatan yang lebih ngebut dibanding kartu microSD UHS-1, yakni dengan kapasitas bandwidth maksimal 2,9 Gbps.

Sebelumnya, Samsung sempat mengumbar alasan mengapa trio Galaxy S20 versi Indonesia hanya dibekali dengan memori internal 128 GB.

Menurut pihak Samsung, tren pengguna Indonesia yang semakin beralih ke media penyimpanan model cloud menjadi salah satu penyebab mereka hanya menghadirkan Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra dalam satu varian storage (128 GB) di Tanah Air.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/04/19020077/ini-kartu-microsd-yang-disarankan-samsung-untuk-galaxy-s20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke