Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cari Barang Belanjaan Online Tak Harus Diketik Teks

Bahkan proses belanja online pun ikut berubah, tak lagi melulu mengandalkan teks yang diketik untuk melakukan pencarian, melainkan juga bisa mengandalkan metode lain, seperti foto dan suara.

Hal tersebut disampaikan oleh Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie.

"Saya liat trennya adalah sekarang kalau kita melakukan pencarian, tidak menggunakan teks lagi, bisa pakai perintah suara melalui Google Assistant," kata Megawati.

Tak hanya sebatas suara saja, pengguna, dikatakan Megawaty, juga dapat mencari informasi sebuah barang melalui foto.

"Di Google Lens kita ada teknologi Artificial Intelligence (AI) yg bisa mendeteksi foto, dan aplikasi tersebut bisa langsung merekomendasikan tempat untuk membeli barang tersebut," lanjut Megawaty.

Sebagai contoh, pengguna bisa menggunakan Google Lens untuk memotret sebuah botol minum. Nantinya aplikasi tersebut mampu merekomendasikan di mana pengguna bisa membeli botol dimaksud, lengkap dengan harganya.

Teknologi AI yang ditanamkan pada Google Lens dan Google Assistant, diklaim Megawaty, mampu memberikan jawaban yang akurat. Hal ini dikarenakan keduanya mengandalkan kumpulan informasi dari sistem penyimpanan data yang telah dikumpulkan Google.

Aplikasi Google Lens sendiri sudah hadir sejak 2017, sementara Google Assistant muncul satu tahun sebelumnya. Pengguna bisa mengakses kedua aplikasi tersebut melalui ponsel Android dan iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/04/20050057/cari-barang-belanjaan-online-tak-harus-diketik-teks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke