Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hubungi Nomor WhatsApp Ini untuk Informasi Aktual Virus Corona

Namun hati-hati dalam menyerap informasi di media sosial, sebab bisa jadi informasi itu tidak benar atau hoaks, dengan tujuan meresahkan.

Kini ada cara mudah untuk mengakses informasi aktual seputar perkembangan virus corona.

Tidak cuma informasi terbaru, tapi juga ada beberapa informasi seperti bagaimana virus itu menyebar, bagaimana cara melindungi diri, termasuk misinformasi apa saja yang beredar tentang corona.

Semua informasi tersebut dirangkum oleh United Nations Children's Fund (UNICEF) Indonesia, menggunakan portal informasi U-Report. Selain UNICEF, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Federasi Internasional Palang Merah juga terlibat dalam memberikan informasi ini.

Lantas bagaimana cara mengaksesnya? Pengguna WhatsApp di Indonesia bisa menyimpan nomor U-Report yakni +628119004567 atau mengklik tautan berikut.

Kemudian kirim pesan pertama dengan kata kunci "corona". Nantinya akan ada pesan otomatis balasan yang akan muncul.

Dari percobaan yang dilakukan KompasTekno, pengguna akan lebih dulu diminta beberapa identitas, seperti usia, jenis kelain, dan domisili.

Setelah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tadi, akan muncul informasi seputar virus corona, seperti berapa pasien terinfeksi dan korban meninggal dunia.

Kemudian akan ada beberapa menu informasi lain yang bisa dipilih pengguna, termasuk bagaimana cara melindungi diri agar tidak terinfeksi virus corona.

Kendati demikian, informasi resmi dari pemerintah melalui Kemeterian Kesehatan tetap menjadi acuan utama masyarakat. Untuk itu, pemerintah telah menyediakan situs khusus http://infeksiemerging.kemkes.go.id/ untuk memberikan informasi terbaru tentang virus corona.

Dari situs tersebut, diketahui ada 90.000 lebih kasus corona yang terkonfirmasi di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri ada dua orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan 356 orang negatif. Sementara ada 14 orang yang tercatat masih dalam pemeriksaan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/05/10545097/hubungi-nomor-whatsapp-ini-untuk-informasi-aktual-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke