Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TCL Pamer Ponsel Layar Lipat Tiga dan Gulung

Seakan tidak mau ketinggalan, perusahaan elektronik asal China, TCL juga mulai ikut tren ini. Bukan cuma satu, tetapi ada dua konsep layar lipat yang dibuat TCL.

Sejatinya, salah satu konsep lebih tepat disebut layar gulung alias rollable. Sementara satu lagi adalah ponsel yang bisa dilipat menjadi tiga bagian. Dua konsep ini masih terwujud dalam purwarupa.

Ponsel yang dilipat menjadi tiga bagian

Konsep ini seperti konsep ponsel lipat pada umumnya. Melipat layar berukuran tablet menjadi seukuran smartphone.

Ponsel lipat TCL memiliki bentang layar 10 inci saat dibentangkan dalam mode tablet kemudian menciut menjadi 6,7 inci saat dilipat ke ukuran smartphone dengan rasio 20,8:9 dan resolusi 3K.

Punggungnya memiliki desain yang 3D holographic. Untuk membuatnya ke ukuran smartphone, satu sisi layar dilipat ke dalam dan sisi ainnya dilipat ke luar.

Mekanisme lipatan semacam iu bisa terwujud berkat dua engsel (hinge) yang dikembangkan TCL, yakni Dragon hinge dan Butterfly hinge. Keduanya memiliki peran berbeda.

Dragon hinge melipat layar ke dalam, seperti buku, atau mirip dengan lipatan di Galaxy Fold.
Sementara Butterfly hinge melipat ke arah sebaliknya, sehingga layar bisa ditekuk ke bentuk zig-zag.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (6/3/2020), TCL sesumbar bahwa lipatannya akan mulus saat dilipat dan dibentangkan.

Ponsel layar gulung

TCL sesumbar melabeli konsepnya ini sebagai "rollable extendable smartphone" pertama di dunia, atau smartphone layar gulung yang bisa diperpanjang. Sekilas, bentuk smartphone layar gulung ini mirip dengan kebanyakan smartphone flagship lain.

Layarnya berbentang 6,75 inci dengan panel AMOLED dan pinggiran layar melengkung dan tebal bodi 9 mm. Di tengah-tengah panel depan dan belakang terdapat dua motor penggerak layar dan sebuah tombol.

Saat tombol ditekan, motor akan memperpanjang layar hingga ukurannya menyerupai tablet. Dalam mode ini, bentang layarnya mencapai 7,8 inci.

TCL menanamkan antarmuka adaptive yang bisa menyesuaikan ukuran layar dan mendukung fitur multi-tasking. Mereka mengatakan akan melapisi fiber di dalam untuk melindungi perangkat dari debu.

Belum diketahui kapan konsep ini diwujudkan dalam smartphone dan apakah akan dipasarkan atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/06/15490087/tcl-pamer-ponsel-layar-lipat-tiga-dan-gulung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke