Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro Resmi Meluncur

Salah satu keunggulan Find X2 series ada di sektor layar yang diistilahkan dengan nama Ultra Vision Screen.

"Layar adalah bagian penting yang Anda pertimbangkan sebelum membeli smartphone," jelas Michael Tran, Head of Strategy & Product Marketing Oppo di acara peluncuran Oppo Find X2 series, melalui siaran langsung dari Auditori Forum CCIB, Barcelona, Spanyol.

"Itu sebabnya, bagi kami layar adalah hal penting sehingga kami memperkenalkan ultra vision screen," lanjut Tran.

Layar kedua smartphone ini identik. Baik Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro mengusung desain punch hole atau lubang kamera yang tersemat di pojok kiri atas.

Keduanya juga memiliki diagonal layar yang sama, yakni 6,7 inci dengan panel OLED dan resolusi 3K QHD Plus. Find X2 dan Find X2 Pro juga didukung fitur kekinian yakni layar dengan refresh rate 120 Hz.

Fitur ini banyak diburu oleh gamer mobile karena menawarkan grafis yang lebih mulus. Layar kedua seri juga dilindungi Corning Gorilla Glass 6 yang secara teori bisa meminimalisir benturan ketika jatuh diketinggian maksimal satu meter.

Oppo juga menanamkan teknologi barunya bernama 01 ultra vision engine. Teknologi ini menawarkan pengalaman menonton video lebih jelas dan minim blur. Sebab, 01 ultra vision engine memungkinkan untuk menonton video 60 fps, bahkan 120 fps.

Tran mengatakan, peningkatan ini cocok untuk menonton video olahraga yang banyak memuat gerakan cepat. Teknologi ini juga bisa mengkonversi video dari SDR ke HDR. Lantas di mana letak perbedaan Find X2 dan Find X2 Pro?

Oppo Find X2

Salah satu perbedaanya ada di sektor kamera. Oppo Find X2 dibekali tiga kamera yang terdiri dari kamera telefoto 13 MP dengan 5x hybrid zoom, kamera wide angle 48 MP, dan kamera ultrawide 12 MP.

Tiga kamera tersebut berbentuk bulat dan tersusun vertikal di pojok kiri atas. Tidak ada pemindai sidik jari karena ditanamkan di dalam layar.

Sementara kamera depannya beresolusi 32 megapiksel. Untuk menunjang kebutuhan selfie, kamera depan didukung oleh AI beautification.

Oppo Find X2 ditenagai oleh chipset Snapdragon 865 yang dipadu dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Ponsel ini sudah menjalankan Android versi terbaru yakni Android 10 yang juga dilapisi antarmuka anyar dari Oppo, ColorOS 7.1.

Di dalam punggung terdapat baterai yang berkapasitas 4.200 mAh. Oppo membekalkan pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 dengan keluaran arus 65 watt dan konektor USB C.

Oppo mengklaim daya bisa terisi penuh hanya dalam waktu 38 menit. Ada dua warna yang tersedia yakni Black (ceramic) atau hitam dan Ocean (glass) atau warna biru.

Oppo Find X2 Pro

Sementara untuk versi Pro memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Find X2. Terutama di sektor kamera belakang.

Kameranya terdiri dari periskop 13 megapiksel dengan 10x hybrid zoom, kemudian kamera ultra wide angle 48 megapiksel yang didukung sensor baru Sony, yakni IMX689.

"Kami bekerja sama dengan Sony untuk menghadirkan sensor IMX689 yang eksklusif bagi Oppo untuk mengambil gambar pada malam hari," jelas Tran.

Terakhir adalah kamera wide angle dengan resolusi 48 megapiksel yang didukung sensor Sony IMX586. Di versi Pro, perekaman video didukung mode ultra steady pro yang membuat video menjadi lebih minim goncangan.

Oppo juga memperkenalkan mode malam baru yakni ultra dark mode 3.0 dan mode ultra macro untuk memotret atau merekam obyek dengan detail. Untuk kamera depan, resolusinya sama dengan Find X2 yakni 32 megapiksel.

Khusus layar versi "Pro" telah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya tahan akan air dan debu. Jeroan Find X2 Pro mirip dengan Find X2. Seperti di bagian prosesor yang mengadopsi chip Snapdragon 865.

Sistem operasi yang dijalankan sama dengan Find X2 yakni Android 10 dengan antarmuka ColorOS 7.1. Kapasitas baterai versi Pro lebih besar yakni 4.260 mAh yang juga didukung SuperVOOC 2.0 dengan konektor USB C.

Seperti halnya Oppo Find X2, tidak ada lubang jack audio 3,5 mm di Oppo Find X2 Pro. Warna yang bisa dipilih ada dua yakni Black (ceramic) atau hitam dan Orange (vegan leather) atau oranye.

Di Eropa, Find X2 dijual dengan harga 999 euro (Rp 16,1 juta) sementara Find X2 Pro dijual dengan harga 1.199 euro (Rp 19,3 juta). Keduanya baru akan tersedia pada awal Mei mendatang. 

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/06/18213937/oppo-find-x2-dan-find-x2-pro-resmi-meluncur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke