Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Huawei Tawarkan Pemasukan 100 Persen untuk Developer App Gallery

KOMPAS.com - Semenjak kemitraannya dengan Google putus karena masuk blacklist pemerintah AS pada Mei tahun lalu, Huawei mesti menyediakan berbagai aplikasi Android lewat tokonya sendiri, App Gallery, alih-alih PlayStore.

Salah satu cara Huawei menarik developer agar mau memasarkan aplikasi di App Store adalah dengan menawarkan pemasukan 100 persen untuk pengembang. Artinya, pendapatan dari aplikasi akan sepenuhnya masuk ke kantong pembuat tanpa dipotong oleh Huawei.

Ini berbeda dari kebijakan toko aplikasi lain yang memungut potongan. Developer di toko App Store (iOS) dan Play Store hanya berhak mendapat 70 persen dari pemasukan aplikasinya. Sementara, 30 persen sisanya diambil oleh Apple dan Google selaku pemilik lapak.

Namun, kebijakan pemasukan tanpa potongan di App Gallery hanya berlaku dalam jangka waktu dan untuk aplikasi kategori tertentu saja, yakni aplikasi di luar game untuk satu tahun pertama.

Kategori Aplikasi Tahun  Pertama Tahun kedua Pembagian revenue standar
Edukasi 0% :100% 10% : 90% 20%: 80%
Game 15% :85% 15% : 85% 30%: 70%
Media and Entertainment, Tools, Communication, Books and References, Photography, Food and Drink, Travel and Navigation, Travel and Accommodation, Shopping, Business, Kids, Finance, Sports and Health, Lifestyle and Convenience, Cars, and Personalized Themes. 0%: 100% 15% : 85% 30%: 70%

Di tahun kedua, Huawei mulai memungut potongan, tapi persentasenya masih lebih kecil dibanding toko aplikasi lain, yakni 10 persen untuk jenis aplikasi edukasi dan 15 persen untuk kategori selebihnya.

Memasuki tahun ketiga dan seterusnya, potongan kembali dinaikkan, menjadi 20 persen untuk aplikasi edukasi dan 30 persen untuk aplikasi jenis lain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (9/3/2020).

Untuk jenis aplikasi game, Huawei memberlakukan potongan sebesar 15 persen di tahun pertama dan kedua, lalu 30 persen di tahun ketiga dan seterusnya.

Angka-angka di atas berlaku untuk pengembang aplikasi App Gallery yang berdomisili di China. Untuk developer Negeri Tirai Bambu, Huawei menerapkan potongan jauh lebih besar, mencapai 50 persen untuk aplikasi game.

Kebijakan selengkapnya untuk developer App Gallery dapat dilihat dalam situs Huawei di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/09/15060067/huawei-tawarkan-pemasukan-100-persen-untuk-developer-app-gallery

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke