Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Watch Resmi Meluncur, Mirip Apple Watch Harga Rp 3 Juta

Michael Tran, Head of Strategy & Product Marketing Oppo Western Europe mengatakan bahwa Oppo ingin dikenal sebagai perusahaan pengembang internet of thing (IoT), termasuk wearable device di dalamnya.

"Di acara Oppo Inno Day kemarin, kami menggelontorkan 6 miliar euro (Rp 98,2 triliun) untuk riset dan pengembangan (R&D) serta untuk mengembangkan 5G, IoT, cloud dan AI," kata Tran di panggung acara.

Seperti banyak disebut dalam rumor yang beredar sebelumnya, penampilan Oppo Watch sekilas mirip dengan Apple Watch. Terutama pada layar berbentuk persegi yang melengkung di pinggir.

Antarmuka smartwatch yang bernuansa hitam juga sepintas mengingatkan pada antarmuka Apple Watch. Namun dari segi spesifikasinya tentu berbeda.

Layar Oppo Watch berukuran 1,91 inci berpanel OLED dengan resolusi 402 x 473. Seperti kebanyakan smartwatch di pasaran, Oppo Watch juga memiliki fitur pelacak aktivitas olahraga, pemutaran musik, pengawas detak jantung, dan sebagainya.

Oppo juga mengklaim arloji pintarnya bisa tahan air di kedalaman hingga 5 meter. Untuk konektivitas, Oppo Watch mendukung fitur e-SIM.

Vendor asal China ini menyematkan teknologi pengisian daya VOOC fast charging serupa di smartphone Oppo untuk smartwatch-nya.

Oppo mengklaim proses pengisian daya selama 15 menit bisa memenuhi daya hingga 46 persen, dan butuh waktu 75 menit untuk mengisi daya penuh.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/3/2020), baterai Oppo Watch diklaim awet selama 40 jam dalam penggunaan biasa. Jika diatur ke mode power-saving atau hemat daya, baterainya diklaim bisa bertahan hingga 21 hari.

Untuk OS, Oppo hanya mengatakan bahwa Oppo Watch menggunakan software berbasis Android. Namun tidak disebutkan secara gamblang software apa yang dimaksud, apakah standar Wear OS buatan Google atau rancangan Oppo sendiri.

Oppo juga mengatakan software Oppo Watch yang dipasarkan di beberapa negara bisa jadi berbeda.

Oppo Watch sendiri mulai dijual di China pada 24 Maret mendatang, dengan banderol harga 1.499 yuan (Rp 3,1 jutaan).

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/10/07030047/oppo-watch-resmi-meluncur-mirip-apple-watch-harga-rp-3-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke