Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pameran Game Terbesar Dunia E3 Batal akibat Virus Corona

KOMPAS.com - Ajang perhelatan akbar skala internasional kembali "diserang" oleh wabah virus corona. Kini, giliran pameran game dan elektronik terbesar di dunia, Electronic Entertainment Expo (E3) yang resmi batal digelar gara-gara Covid-19.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh pihak penyelenggara (Entertainment Software Association, ESA) dalam sebuah keterangan resmi di situs webnya.

"Setelah berkonsultasi dengan beberapa pihak terkait masalah keamanan dan kesehatan, kami telah memutuskan untuk membatalkan E3 2020 yang tadinya bakal digelar pada 9 - 11 Juni di Los Angeles, AS," ujar pihak ESA.

Kendati dibatalkan, pihak ESA turut mengonfirmasi bahwa mereka akan berkoordinasi langsung dengan pihak peserta pameran (exhibitors) untuk memberikan update yang tadinya bakal disampaikan di ajang E3, melalui situs E3Expo.com.

"Kami juga menjajaki opsi dengan anggota kami untuk mengkoordinasikan pameran online guna menampilkan pengumuman serta berita industri elektronik pada Juni 2020. Pembaruan akan dibagikan di E3Expo.com," imbuh mereka.

Artinya, fans yang menantikan pengumuman dari para pengembang game, seperti Square Enix, Ubisoft, Nintendo, dan lain sebagainya, kemungkinan bisa tetap mendapatkan info terbaru, meski E3 batal diadakan secara fisik.

Sebagai informasi, ini merupakan pertama kalinya pihak ESA mengurungkan niatnya untuk melaksanakan ajang E3. Biasanya, ESA menggelar pameran game yang didapuk sebagai yang terbesar di dunia itu, setiap tahun di bulan Juni sejak 1995.

Selain E3, beberapa penyelenggara pameran besar lain juga sudah mengurungkan niatnya untuk menggelar acara mereka.

Beberapa di antaranya seperti ajang MWC, GDC, SXSW, Facebook F8, festival musik Coachella, hingga Google I/O 2020, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Kamis (12/3/2020).

Uniknya, Sony sudah lebih dulu mengundurkan diri dari perhelatan E3 pada Januari lalu. Bukan gegara virus corona, melainkan karena rencana perusahaan asal Jepang itu disebut tidak sejalan dengan visi E3 tahun ini.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/12/08233647/pameran-game-terbesar-dunia-e3-batal-akibat-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke