Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vivo Bangun Pusat Riset 6G di China

KOMPAS.com - Teknologi jaringan 5G bisa dibilang masih sangat baru. Bahkan, ketersediaan teknologi penerus 4G itu hingga saat ini belum merata di seluruh dunia. Negara yang mengimplementasikannya pun baru segelintir.

Meski demikian, Vivo memtusukan untuk melangkah lebih jauh dengan membangun pusat riset dan pengembangan 6G di China, untuk menelusuri tantangan apa saja yang kelah akan dihadapi dalam penerapan teknologi ini.

Hal itu disampaikan oleh Head of Vivo Communications Research Institute, Qin Fei, dalam sebuah pernyataan resmi.

"Meskipun komersialisasi 5G baru saja dimulai, Vivo telah menggelontorkan skema untuk 6G dan akan menelusurinya sebelum teknologi itu dikomersilkan," ujar Qin sebagaimana dihimpum KompasTekno dari China.org.cn, Minggu (15/3/2020).

Qin menambahkan, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk mendemonstrasikan teknologi 6G di beberapa skenario penggunaan aplikasi dan menggelar sejumlah diskusi tematis dengan beragam pihak terkait.

Kendati begitu, Qin mengakui bahwa proses riset dan pengembangan teknologi 6G ini memang masih dalam tahap awal.

Ke depan, Vivo bakal menggandeng beberapa institusi pendidikan, baik domestik maupun di luar China, untuk menelusuri teknologi 6G secara lebih mendalam.

Pusat riset menghasilkan beragam teknologi baru

Pembentukan tim riset 6G ini merupakan salah satu dari sederet upaya Vivo untuk menghadirkan beragam teknologi dan inovasi baru.

Misalnya, pada tahun 2012, melalui upaya tim risetnya, Vivo menjadi vendor pertama di dunia yang menyematkan teknologi chip audio Hi-Fi lewat Vivo X1.

Dua tahun setelahnya,  Vivo memperkenalkan smartphone X5 Max yang kala itu merupakan ponsel teramping di dunia dengan ketebalan hanya 4,75 mm.

Di tahun 2017, Vivo membekali Vivo V5 Plus dengan kamera selfie 20 megapiksel yang merupakan resolusi terbesar ketika itu.

Kemudian pada 2018, 2019 dan 2020, Vivo menyematkan berbagai inovasi terbaru untuk smartphone dalam wujud concept phone bernama Apex.

Apex 2018 sendiri dibekali dengan teknologi pemindaian sidik jari hingga setengah layar. Teknologi tersebut lantas dipoles lagi dan pengguna bisa membuka layar ponsel dengan memindai sidik jarinya di seluruh layar lewat Apex 2019.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/15/16580017/vivo-bangun-pusat-riset-6g-di-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke