Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aturan Kerja dari Rumah Bikin Layanan Microsoft Teams Tumbang

Kejadian ini berawal pada Senin, (16/3/2020) jam 9 pagi waktu setempat, ketika masyarakat di sejumlah negara Eropa mulai bekerja di rumah untuk menghindari wabah virus corona yang kian meluas.

Pada waktu tersebut, sebanyak lebih dari 500 pengguna Microsoft Teams mengalami kesulitan saat mengakses aplikasi, melakukan proses login, serta mengirim dan menerima pesan.

Setelah ditelusuri, tingginya angka pengguna yang mencoba mengakses aplikasi secara bersamaan ternyata menyebabkan Microsoft Teams mengalami gangguan.

Microsoft pun kemudian menyatakan telah berhasil memperbaiki masalah tersebut.

"Dampak obrolan TM206544 telah diatasi," tulis pihak Microsoft.

Kendati demikian, layanan tersebut kembali tumbang sekitar pukul 11.30 siang waktu setempat. 

Layanan Microsoft Team dilaporkan tumbang di sejumlah wilayah Eropa. Adapun beberapa negara yang terkena dampak tersebut meliputi Spanyol, Italia, Perancis, Belgia, dan Inggris.

Sejumlah negara di dunia saat ini memang mengimbau masyarakatnya untuk tetap berdiam diri di rumah, demi menghindari wabah corona yang meluas.

Kebijakan tersebut membuat perusahaan memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah secara remote. 

Untuk mendukung kebijakan ini, Microsoft pun memberikan layanan Teams gratis kepada pengguna dalam beberapa waktu ke depan. 

"Dengan membuat Microsoft Teams gratis selama enam bulan kedepan, kami berharap dapat mendukung kesehatan dan keselamatan pekerja dengan membuat bekerja secara jarak jauh lebih mudah," tutur salah satu pembicara Microsoft.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (17/3/2020), tak hanya aktivitas pekerjaan, kegiatan belajar mengajar di sejumlah sekolah pun telah beralih menggunakan kelas online.

Salah satu sekolah di Belanda bahkan telah menginstruksikan kepada siswanya untuk layanan Microsoft Teams.

Microsoft Teams merupakan bagian dari ekosistem Office 365. Teams adalah layanan untuk aktivitas pekerjaan jarak jauh. Layanan ini bisa dinikmati oleh pelanggan Office 365 Business dan Enterprise.

Pengguna bisa saling berbagi dokumen, atau mengerjakannya bersama-sama secara real-time.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/17/07060017/aturan-kerja-dari-rumah-bikin-layanan-microsoft-teams-tumbang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke